Mohon tunggu...
yuyun kholifah
yuyun kholifah Mohon Tunggu... public health

jadikan harimu penuh makna

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KIA

20 Juni 2021   18:00 Diperbarui: 20 Juni 2021   18:03 51 2 0 Mohon Tunggu...

PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM KELAS IBU DAN BALITA SERTA PEMBUATAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DI KELURAHAN BENER KECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN 

HEALTH EDUCATION IN THE CLASS OF MOTHERS AND TODDLERS AND MAKING SUPPLEMENTARY FOODS (MP-ASI) IN BENER KELURAHAN, WIRADESA DISTRICT, PEKALONGAN REGENCY

Yuyun Kholifah 

Kesehatan Masyarakat-Universitas Pekalongan, Indonesia Email : ykholifah15@gmail.com 

ABSTRAK 

Kajian ini merupakan upaya mengetahui terkait pengetahuan ibu yang sedang mempunyai balita terhadap asupan makanan yang diberikan. Pengabdian masyarakat yang dilakukan ini adalah "Pendidikan Kesehatan Dalam Kelas Ibu dan Balita Serta Pembuatan Makanan Pendamping Asi (MP-ASI) Di Kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan". Kelompok sasaran adalah ibu yang memiliki bayi usia 6 bulan sampai 1 tahun. 

Masa balita merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang manusia. Perkembangan dan pertumbuhan di masa itu menjadi penentu keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan anak di periode selanjutnya. 

Kelas ibu balita adalah kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia antara 6 bulan sampai 1 tahun secara bersamasama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi, dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA.

Berdasarkan pertimbangan ini, maka sangat perlu mengajari ibu -- ibu tentang deteksi tumbuh kembang balita melalui pelaksanaan program Kelas Ibu Balita (KIB). 

ABSTRACT 

This study is an attempt to determine the knowledge of mothers who are having toddlers on the food intake given. The community service carried out is "Health Education in Mother and Toddler Classes and Making Complementary Breast Milk (MP-ASI) in Bener Village, Wiradesa District, Pekalongan Regency". The target group is mothers who have babies aged 6 months to 1 year. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN