Mohon tunggu...
Yuswanto Raider
Yuswanto Raider Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang guru yang lahir di Surabaya pada 14 Februari 1974. Kini saya tinggal di Desa Kembangsri Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto

Saya seorang tenaga pendidik sekaligus trainer outbound. Saya punya hobi traveling dan sangat menyukai alam semesta yang terbebas dari berbagai polusi. Bagi saya, hidup ini adalah pengabdian, baik kepada agama, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hadiah Hari Guru, 9 Pelajar SMAN 1 Bangsal Boyong Piala Danrem 083/Baladhika Malang

25 November 2021   14:50 Diperbarui: 25 November 2021   14:59 569 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 SMABA-Mojokerto. Berkah Bumi Arema. Begitu suara keras yang terdengar dari rombongan Tim Karate SMAN 1 Bangsal yang notabene berasal dari anak cucu Majapahit. Bagaimana tidak, dalam even kali ini, Tim Karate yang terdiri dari 9 pelajar SMAN 1 Bangsal itu mampu mengoleksi 14 piala kejuaraan.

Prestasi gemilang itu diukir pada Kejuaraan Karate Shindoka. Event bergengsi itu memperebutkan Piala Danrem 083/Baladhika dan Ketua Shindoka Cabang Kota Malang. Peserta berasal dari Malang Raya, eks karesidenan Malang dan beberapa undangan di kabupaten/kota se-Jawa Timur. Event ini digelar pada 13 -- 14 November 2021 bertempat di gedung olahraga Universitas Wisnu Wardhana Malang.

Menurut Daffa Zaki Alwan, peraih tiga juara sekaligus, menyatakan bila kemenangan yang diraih timnya karena komitmen bersama. Semangat Hari Pahlawan telah menginspirasi timnya untuk terus berlatih. Komitmen dan konsistensi latihan menjadi modal bagi timnya untuk mampu mengukir prestasi di ajang manapun.

"Terima kasih buat pelatih kita dan sekolah tentunya. Pelatih dengan sabar dan penuh komitmen, selalu memberikan materi yang terbaik buat saya dan teman-teman. Motivasi pelatih pula yang membuat kita tak pernah putus asa dan selalu bisa meraih prestasi terbaik. Prestasi kami sengaja juga kita persembahkan untuk persembahan Hari Guru 2021," ujar Daffa, sapaan karibnya, yang kini duduk di kelas XII.MIPA.3 itu menyuarakan aspirasi teman-temannya.

Khusus Daffa, dirinya menyumbang tiga prestasi sekaligus. Pertama, Juara I Kumite SLTA -45 Kg. Kedua, Juara II Kata Beregu Junior dan ketiga mencatatkan prestasi sebagai Juara II Kata Perorangan SLTA. Disusul Wimar Widin Sholahudin (Kelas XI.MIPA.4) yang mampu menyaber Juara I Kumite SLTA -50 Kg dan Juara II Kata Beregu Junior.

Pelajar lainnya yang juga mampu mengukir dua prestasi sekaligus adalah Dwi Nur Diansyah (Kelas XI.MIPA.7). Dirinya mampu meraih Juara II Kumite SLTA -45 Kg dan Juara II Kata Beregu Junior. Disusul Winda Asmaningrum (Kelas XI.MIPA.6) yang merebut posisi Juara I Kata Beregu Junior dan Juara II Kumite SLTA -45 Kg.

Selanjutnya Muhammad Farid (XI.IIS.2) yang meraih Juara I Kumite SLTA +50 Kg. Syabela Aisyalita Kurniadi (Kelas XI.MIPA.3) yang meraih Juara II Kumite SLTA +45 Kg. Tania Rizki Nabila Putri (Kelas XI.MIPA.3) di posisi Juara I Kata Beregu Junior. Intan Sefinas Bilqis (XI.MIPA.1) meraih Juara I Kata Beregu Junior, dan Novi Oktaviana Saputri yang mampu menggasak Juara II Kumite Under 21 +50 Kg.

Prestasi gemilang Tim Karate SMAN 1 Bangsal itu tentunya tak lepas dari tangan dingin Firmansyah. Sebagai pelatih ekstrakurikuler karate, dirinya tampak selalu berkomitmen tinggi dan konsisten melatih untuk meraih prestasi. Hal itu terlihat dari aktifnya latihan di sekolah.

"Jangan pernah berhenti untuk terus berdoa, berlatih dan bekerja keras. Bagaimana pun, menjadi juara itu hanyalah bonus atas kerja keras yang konsisten dilakukan. Selain itu yang paling prinsip, anak-anak latih saya harus tetap rendah hati," ungkapan pesan Firman, sapaan harian pelatih ekskul karate SMAN 1 Bangsal, saat dihubungi lewat telepon selulernya.

Mendengar laporan dari pelatih ekskul Karate, Wakil Kepala SMAN 1 Bangsal bidang Kesiswaan pun merasa bersyukur. Baginya, prestasi yang diraih peserta didiknya sungguh membanggakan dan harus diapresiasi. Semua adalah upaya meningkatkan eksistensi dan kredibilitas sekolah.

"Saya hanya mampu bersyukur atas prestasi anak-anak. Ini merupakan bukti bila pembinaan kesiswaan di sekolah ini terus berjalan dan berkembang. Meski di masa pandemi, setidaknya anak-anak tetap konsisten dan mampu eksis untuk tetap berprestasi gemilang," ujar Dian Norma Andika, S.Pd., Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Bangsal yang juga alumnus Penjas FIO Universitas Negeri Surabaya itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan