Olahraga

MotoGP Valencia: Rona Muka Penuh Harap Kubu Dovizioso Berubah Seketika

13 November 2017   08:04 Diperbarui: 13 November 2017   09:19 984 1 0

Putaran terakhir seri MotoGP 2017 berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, MotoGP Valencia, pada hari minggu, 12 November 2017, kemarin. Peringkat pertama MotoGP 2017 sebelum laga kemarin digelar dipegang oleh Marc Marques dengan poin 282, kemudian disusul oleh Andrea Dovizioso dengan 261 poin. Dengan selisih 21 poin, Dovizioso bisa menyalip posisi Marques dan merebut gelar juara dunia tahun 2017 jika saja dia mampu meraih posisi pertama dan Marques finis maksimal di posisi 11. Tentu saja ini sebuah posisi yang sangat tidak menguntungkan bagi Davizioso, apalagi pada laga hari itu dia harus star di posisi 11.

Kejadian luar biasa terjadi laga minggu kemarin. Akibat dari persaingan yang sangat ketat antara Marques dan Zarco sejak awal star, tepat pada awal lap ke-22 Marques berhasil menyalip Zarco, namun setelah itu Marques tidak mampu mengendalikan motornya sehingga melebar dan keluar lintasan. Sebuah aksi gemilang ditunjukkan oleh Marques yang mampu melakukan penyelamatan sehingga tidak terjatuh dan kembali masuk lintasan balap hingga pada akhirnya mampu finis di urutan ketiga MotoGP Valencia.

Harapan besar sempat menyambangi kubu Dovizioso. Mereka sangat berharap kejadian keluarnya Marques dari lintasan hingga menyentuh jalur pasir bisa membuat Marques terjatuh dan tidak meneruskan perlombaan. Detik demi detik pergulatan Marques selama keluar lintasan terus mereka pantau, apalagi bagi penggemar Dovizioso yang hanya menyaksikan melalui siaran televisi. Harapan mereka pun kandas dengan kembali masuknya Marques dalam lintasan yang ternyata masih berada pada urutan kelima.

Belum selesai mereka menghela napas setelah menyaksikan kejadia Marques,, tiba-tiba mereka harus menyaksikan kejadian yang lebih tragis lagi. Jagoannya, Dovizioso, justru keluar lintasan dan terjatuh di area pasir. Dovizioso melakukan kesalahan sehingga melebar dan keluar lintasan dan memasuki area pasir. Dovizioso berusaha bangkit dan mencoba mencoba masuk kembali ke lintasan, namun naas bagi dovizioso, dia kembali jatuh masih di area pasir dan memutuskan untuk tidak melanjutkan perlombaan. Para pendukung Dovizioso pun tertunduk. Habis sudah harapan Dovizioso dan semua pendukungnya.

Dua kejadian yang sangat kontras tersaji pada MotoGP Valencia kemarin. Marques gemilang melakukan penyelamatan ketika keluar lintasan, sementara sesaat setelah itu Dovizioso justru melakukan kecerobohan yang menyebabkannya keluar lintasan dan tidak bisa melanjutkan perlombaan. Rona muka penuh harap dari semua kru Dovizioso ketika Marques keluar lintasan langsung berubah drastis ketika beberapa detik setelah kejadian Marques justru Dovizioso yang keluar lintasan dan terjatuh. Sangat ironis.