Mohon tunggu...
Yusuf Ari Bahtiar
Yusuf Ari Bahtiar Mohon Tunggu... Kita Orang Bersaudara

Sukses dunia akhirat adalah dambaan setiap orang, melatih kepekaan diri dan menjaga motivasi harus penuh dengan semangat yang membara, menjadi guardian itu tidaklah mudah, tapi yakinlah pertolongan-Nya pasti akan datang ~ "Dadio Gurune Jagad"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sedekah Dapat 2 Pahala, Kok Bisa?

17 Mei 2020   23:37 Diperbarui: 17 Mei 2020   23:50 23 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sedekah Dapat 2 Pahala, Kok Bisa?
Ilustrasi-shodaqoh/Dokpri

Tak terasa bulan Ramadhan 2020 segera meninggalkan kita. Bulan yang penuh rahmad serta barokah beserta ampunan. Segala tingkah laku dan perilaku dilipatgandakan, baik amal baik maupun amal buruk, sekehendak Alloh.

Rasanya baru kemarin mulai puasa, berat sekali mau memulai. Apalagi ditengah pandemi saat ini, dalam hati bimbang, puasa atau tidak? Kalau puasa nanti makan pakai apa? Kondisi baru seperti ini dan keuangan juga baru menurun. Pekerjaan terbatasi, tidak kerja tidak makan, mau kerja disuruh di rumah.

Disinilah investasi besar-besaran diobral. Perbuatan baik akan dilipatgandakan dan tak kalah pula amal jelek. Manusia yang nantinya keluar dengan kebahagiaan adalah yang bisa memanfaatakan waktu dengan baik. Kesempatan yang telah diberikan Alloh pasti tak akan pernah terulang, jikalau terulang pasti kondisinya sangatlah beda.

Apapun yang telah kita dapatkan wajib disyukuri. Pemberian Alloh pasti ada manfaat yang terpendam dibaliknya. Kita tak tau itu apa? Tapi Alloh telah merencanakan sesuatu dengan yang lebih baik. Bermanfaat untuk kehidupan diri kita sendiri maupun orang disekitar kita.

Nah, ketika kita mau shodaqoh memberikan orang berbuka puasa. Maka kita akan mendapatkan pahala semisal orang yang berpuasa. Tentunya ini kategori shodaqoh yang luar biasa. Walaupun amalan kita tidak sebanyak orang tersebut, aliran pahala akan tetap masuk ke rekening kita tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.

Lalu apakah yang dimaksud dengan mendapatkan 2 pahala?

Ketika kita shodaqoh ke orang lain, hanya akan mendaptkan pahala shodaqoh biasa. Jika kita shodaqoh pada saudara, selain mendapatkan pahala shodaqoh, kita akan mendapatkan pahala menyambung famili. Dimana menyambung famili adalah sesuatu yang luar biasa, apalagi jika memutuskan famili juga sangat luar biasa akibatnya.

So, jangan sungkan untuk shodaqoh, terlebih pada saudara kita yang masih membutuhkan. Ketika kita ada rezeki lebih, aslinya itu bukan harta kita seluruhnya. Ada titipan harta untuk orang lain yang harus disampaikan. Tetap percaya diri dan semangat menjalani kehidupan. Niati karna Alloh dan tentunya hindari rasa pamer. Pahala besar tidak ditentukan dari banyak sedikitnya pemberian. Tapi, ditentukan dari keikhlasan dalam memberi.

VIDEO PILIHAN