Mohon tunggu...
Yustina Ari Listiyanti
Yustina Ari Listiyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - paramedic vet, bakul telur, traveller

Seorang yang pernah mengenyam ilmu kesehatan hewan dan agribisnis peternakan. Interest dengan dunia menulis sekaligus segala sesuatu tentang agribisnis, penjelajahan, perjalanan wisata, lingkungan hidup, fotografi, film serta tentang budaya manusia yang membawa pada keanekaragaman khasanah ilmu pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Reward Kaos Kaki Biru Lucu dari Google Maps

16 Juli 2021   22:32 Diperbarui: 16 Juli 2021   22:35 693
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa sih yang gak suka kalau dapat reward? Suka gak, suka gak, ya suka lah. Hihihihi. Apalagi ternyata reward yang kita dapat itu berasal dari hal yang gak kita duga sebelumnya. Yaa, kayak surprise gitu. Kayak dapat hadiah atau gift dari seseorang yang kita sayang gitu. Cieee.

Jadi pertengahan Mei 2021 yang lalu, saya mendapat surel dari Local Guides by Google Maps. Isinya menginformasikan kalau saya mendapat reward yang bisa diklaim dengan cara mengklik tautan. Dan wow, rewardnya adalah sebuah kaos kaki berwarna biru, bercorak lambang bintang Local Guides dan bertuliskan Local Guides pula. Ehemm, rewardnya memang terkesan sederhana, tapi bagi saya ini menarik dan manis.  Menarik karena ternyata Local Guides mempunyai cara memberikan timbal balik atas kerja keras kita selama ini. Ciaaaa, kerja keras bro. Sebenarnya bukan kerja keras sih. Hanya saja ini merupakan timbal balik dari Google Maps karena saya memberi peran sebagai Local Guides. Saya dan orang-orang lain yang menjadi Local Guides. Manis karena giftnya tuh sesuatu yang seolah memberikan kehangatan bagi si pemakai. Jelas toh, kalau kaos kaki dipakai pada saat cuaca sedang dingin. Apalagi jika dipakai saat berpetualang, menjelajahi tempat-tempat dingin lalu mengulasnya di Google Maps.

Jadi, apa itu Local Guides? Local Guides adalah pemandu suatu tempat, seperti restoran, kantor, tempat wisata, kafe, dan lain sebagainya dengan cara mengulasnya atau meriviewnya di Google Maps.

Gimana cara mengulasnya ? Caranya adalah dengan memberi bintang pada suatu tempat tersebut, menambahkan kalimat ulasan dan menyisipkan foto yang berkaitan dengan tempat tersebut.

Sebenarnya saya termasuk yang pada awalnya iseng dalam mereview di Google Maps. Cuma ingin memberi penilaian pada tempat yang saya datangi. Tetapi lama kelamaan kok jadi ketagihan buat ninggalin komentar dan foto pada tempat tersebut. Semakin banyak mengulas, semakin banyak poin yang didapat. Level saya pun menjadi bertambah naik. Nah, pada saat saya mendapat reward ini, saya baru berada di level 5. Sekarang sudah level 6.

https://maps.app.goo.gl/TNVo6NRshVJQZaVR6

Oh ya,kembali ke proses pemberian reward kaos kaki tadi. Setelah saya klik "klaim reward" tersebut, kemudian proses selanjutnya dalah mengisi data diri dan alamat penerima. Notifikasi selanjutnya menjelaskan jika gift akan saya terima dalam 6 minggu. Wahh, langsung mikir, ini pasti dari luar negeri karena 1,5 bulan baru akan diterima. Oke baiklah, sabar dulu gaes. Tapi rupanya reward datang lebih cepat dari perkiraan. 3 minggu kemudian setelah klaim, kaos kaki sudah mendarat. Saya alamatkan ke kantor sih, biar gampang dan langsung saya terima. Dan rupanya, siang-siang security mencariku. Menginfokan kalau ada paketan dari luar negeri dan saya harus membayar biaya adminnya ke kantor pos sebesar Rp 10.000. Oke baiklah. Dan emang, kaos kaki tersebut dikirim dari Frankfurt, Germany, made in Turkey. Huwaaaa, senengnya. Siapa tahu besok-besok kaos kainya bisa kupakai jalan-jalan di Jerman, menapaki salju yang dingin. Hahaha.

Sumber : dokpri
Sumber : dokpri

Memang karna sedikit lebay, wkwkw, jadi saya share pengalaman ini ke media social saya. Rupanya ada beberapa teman yang komentar, mengatakan kalau mereka juga mendapat reward tersebut tapi rupanya terkejut bukan main saat mereka diminta membayar biaya bea cukainya. Dan itu ratusan ribu. Oh my God. Berarti saya beruntung donk, hanya membayar biaya admin saja. Ahh, tak sabar pake kaos kaki ini buat keliling Indonesia.

Sumber : dokpri
Sumber : dokpri

Salam Kompasiana dari Local Guides yang masih harus banyak belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun