Mohon tunggu...
Yustiano Nasrullah
Yustiano Nasrullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia prodi Pendidikan Seni Musik angkatan 2019. Saya suka meluangkan waktu untuk bermain musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok 24 KKN UPI Menyelenggarakan Workshop Literasi Digital

9 Agustus 2022   18:38 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:40 74 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan upaya seluruh mahasiswa yang mewujudkan Trinitas Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Kelompok KKN 24 Perguruan Tinggi Nasional Indonesia yang terdiri dari  mahasiswa campuran dari berbagai prodi menyelenggarakan workshop literasi digital  di SMP Daarut Tauhid  Putri. Tema konferensi yang digelar adalah peran literasi digital bagi remaja sehat mental pada Selasa (2/8).

 Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu program kerja utama yang dilakukan oleh Kelompok 24 sebagai bentuk demonstrasi pemberdayaan masyarakat desa dalam SDG melalui program “Network Villages”. Penyelenggaraan workshop ini bertujuan untuk menciptakan pemahaman tentang pentingnya literasi digital bagi siswa dan pentingnya kesehatan mental siswa di era digital saat ini.

Santi Aditya, ketua rombongan KKN 24 mengatakan, “Kami memasukkan peran literasi digital pada remaja sehat  mental sebagai topik workshop literasi teknis digital, karena kami memahami sendiri bahwa banyak  remaja saat ini  memiliki masalah kesehatan mental. karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan dalam pengelolaan perangkat digital. Tidak hanya itu, workshop  digital ini juga sesuai dengan tema KKN tim kami, Desa Jejaring,” jelasnya.

Literasi digital itu sendiri adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Literasi digital  untuk meminimalisir dampak negatif era digital saat ini.Bertempat di Pondok Pesantren Daarut Tauhid  Putri. 

Mengangkat tema peran  digital pada remaja sehat  mental, kelompok KKN 24 ini menghadirkan narasumber dari dosen Program Penelitian Ilmu Perpustakaan dan  Informasi Universitas Sains dan Teknologi, Sarjana Pendidikan Indonesia  Susanti Agustina, M.I. Kom. Tak hanya itu, teman-teman rombongan KKN 24 juga  mengundang Saepul Anwar, S.Pd.I., M.Ag., untuk menjadi pembimbing lapangan.

Lokakarya literasi digital yang diselenggarakan oleh kelompok kkn 24 ditujukan kepada 8 siswa SMA yang sedang dalam masa transisi  dari remaja awal menuju remaja dewasa akhir. 

Merri Zoldyck, salah satu anggota divisi acara  KKN 24 UPI mengatakan, “Lokakarya digital ini ditujukan untuk siswa sekolah menengah kelas 8, di mana fase ini dapat dilihat sebagai tahap pertama. transisi dari masa  kanak-kanak ke remaja, jadi baik-baik saja. cocok untuk memberikan pengenalan dan bimbingan tentang apa yang baru bagi mereka.

Peserta, yang menunjukkan bahwa topik dan diskusi yang disajikan oleh penyaji banyak berkaitan dengan apa yang telah dialami atau dilalui oleh para peserta. 

Selain itu, para pemateri juga menyumbangkan konten terkait peran literasi digital dalam kesehatan mental melalui permainan, sehingga workshop  tidak terkesan membosankan dan menunjukkan peran aktif dari para peserta  sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan