Mohon tunggu...
Yusti Pratiwi
Yusti Pratiwi Mohon Tunggu... assalammualaikum, saya yusti biasa di panngil uti. semoga apa yang saya share bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tanpa menulis, orang mungkin sanggup mengingat sejarah. Tapi belum tentu bisa membuktikan sejarah itu pernah terjadi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Mengetik dengan Rapid Typing di Karang Taruna Tunas Bhakti

27 Juni 2018   19:25 Diperbarui: 27 Juni 2018   19:41 648 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Mengetik dengan Rapid Typing di Karang Taruna Tunas Bhakti
Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa ASM BSI di Karang Taruna Tunas Bhakti

DEPOK - Pada tanggal 26 juni 2018,Mahasiswa Bina Sarana Informatika kembali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu pelatihan mengetik dengan menggunakan tehnik 10 jari kepada para remaja Karang Taruna Tunas Bhakti. Berlokasi di Jl Anyelir Sukatani Tapos Depok ini kegiatan ini berlangsung pada pukul 19.00 Wib.

"Kami dari mahasiswa jurusan Manajemen Administrasi, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai tugas kelompok wajib untuk penambah nilai UAS pada mata kuliah Speed Typing. Kegiatan ini sebenarnya adalah sesi ke 2 yang kami adakan. Kelompok kami saling bekerja sama dalam kegiatan mengadakan pelatihan mengetik yang menggunakan tehnik 10 jari dengan aplikasi Rapid Typing. 

"Ketua kelompok,Egga Prrasetyo menjelaskan. " Di sesi yang ke 2 ini kami juga memberikan reward untuk para peserta pelatihan dari karang taruna Tunas Bhakti yang memperoleh hasil test terbaik. Sebagian dari mereka ada yang sudah mahir mengetik, namun belum menggunakan fungsi kesepuluh jari secara menyeluruh. " Rizky Ariyani, rekan sesama tim menambahkan.

Foto Kegiatan
Foto Kegiatan
Rapid Typing adalah salah satu aplikasi yang berfungsi untuk melatih kebiasaan mengetik sesuai dengan aturan yang benar menurut para ahli dan desain keyboard saat ini. Dengan Menggunakan aplikasi ini kita akan diberikan petunjuk bagaimana cara mnegetik yang baik dan benar. Posisi jari jemari dan tugas jari jemari mana yang harus menekan tombol yang ada di keyboard sesuai dengan kalimat atau huruf yang harus dirangkai melalui keyboard. 

Mengetik adalah sebuah kebutuhan primer bagi orang orang yang bekerja didepan monitor seperti misalnya penulis, jurnalis,sekretaris, hingga programer yang notabene harus mngetik kode dalam merancang sebuah program atau aplikasi. Perkembangan informasi dan komunikasi berjalan pesat di era modern saat ini. Begitu banyak temuan-temuan teknologi di bidang tersebut. 

Tentu saja ini berdampak semakin memudahkan segala kebutuhan dan keinginan manusia dan akan terus berkembang setiap detiknya. Dengan melatih kemahiran jari dalam hal mengetik tentunya sangat berguna bagi efesiensi waktu dan lebih menguasai teknologi yang berkembang pesaat tidak hanya dalam dunia pendidikan tapi juga dalam dunia kerja.

Pada mata kuliah Speed typing BSI Margonda Depok yang di bimbing oleh Bapak Bryan Givan selaku dosen, seluruh mahasiswa memang di wajibkan untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pelatihan mengetik 10 jari. 

Kegiatan tersebut bukan hanya sekedar untuk pengambilan nilai tapi juga bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mempunyai kemampuan untuk menyalurkan ilmu yang didapat, menganalisa permasalahan, berpotensi aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, mempunyai empati dan kepedulian kemajuan dalam dunia pendidikan, serta berkemampuan menerapkan IPTEK secara teamwork, memiliki semangat etos kerja yang ulet, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan juga rasa bertanggung jawab.

Salah satu anggota tim, Risda juga menyampaikan, "Kami sangat senang dan bersyukur dapat mengadakan kegiatan ini. Dengan segala kendala yang kami hadapi semua rasa lelah seakan terhapus dengan melihat semangat dari para peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini. 

Terimakasih kepada para remaja dari Karang Taruna Tunas Bhakti atas waktu dan tempatnya. Terimakasih juga kepada teman- teman dalam tim pengabdian masyarakat yang telah bekerja sama sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga akhir acara." 

Foto Kegiatan
Foto Kegiatan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x