Mohon tunggu...
Gabriel Bhanu Indrastata
Gabriel Bhanu Indrastata Mohon Tunggu... Lainnya - Menjadi salah satu seminaris di seminari mertoyudan

Saya bukan orang yang malas, tetapi sedang menjalankan mode hemat daya :)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Perkembangan Dunia Manusia di Zaman Sekarang dalam Bidang Game

14 Agustus 2022   00:00 Diperbarui: 14 Agustus 2022   00:22 88 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ilmu dan teknologi terus menerus berkembang setiap waktu. Perkembangan zaman di dunia telekomunikasi terus menjadi bahan yang paling utama dalam negara untuk menjadikan negara maju. Sudah ada beberapa negara yang telah menembus batas teknologi dunia, misalnya seperti VR atau Virtual Reality dan RPA atau Robotic Process Automation. Ditengah itu ada juga teknologi yang sudah dimiliki hampir setiap pribumi di dunia, yaitu gadget.

Siapa sih yang tidak mengenal gadget? Kita pasti sudah sering mendengarnya, bisa saja sekarang anda sedang memegangnya atau ada di sebelah anda. Gadget sudah sangat banyak sekali beredar dimana-mana. Hampir semua orang sudah memiliki gadget dan itu termasuk anak-anak.

Menurut Osland (dalam Effendi, 2013:2) gadget merupakan sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengartikan sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi. 

Gadget sendiri dapat berupa komputer atau laptop, tablet PC, dan juga telepon seluler atau smartphone. Pada intinya gadget itu adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus didalamnya. Salah satu fungsinya adalah dapat digunakan untuk bermain. Maksudnya itu gadget tidak digunakan untuk dijadikan kapal-kapalan atau pesawat-pesawatan, tetapi didalam gadget tersebut terdapat fitur untuk bermain yang dinamakan game. 

Game merupakan salah satu wujud nyata dari sebuah perwujudan teknologi. Game tersebut memiliki banyak sekali cara untuk dimainkan dengan ciri khasnya masing-masing game tersebut. Ada berbagai jenis game pada gadget anda, seperti Battle Royal atau  bertahan hidup dalam peperangan, Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) atau pertarungan antara dua kelompok atau lebih, Vehicle Simulation atau secara simulasi mengendarai sebuah kendaraan secara real, Life Simulation Game atau bermain dengan konsep kehidupan nyata.

Dari berbagai jenis game tersebut, memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Battle royale, dapat melatih strategi sebelum bertindak, MOBA, dapat melatih kerjasama kelompok, Vehicle Simulation, dapat melatih dan mengenalkan anda dasar dari menaiki sebuah kendaraan dan Life Simulation, dapat mengenal kehidupan anda melalui game dan kemungkinan kemungkinan yang lain. Selain itu adalah dalam bermain game dapat memberikan sebuah kesenangan dan tantangan, menghilangkan stres dalam kehidupan sehari-hari, bersosialisasi, dan mengisi waktu luang. Namun, semua game memiliki satu dampak yang sama merusak kehidupan seseorang yaitu ketergantungan. 

Sehingga dampak tersebut dapat memberikan dampak-dampak yang lain seperti melalaikan tugas sekolah, lebih banyak menghabiskan waktu bermain di luar jam sekolah, dan dapat berbohong dengan orang lain tentang bermain game. Risiko kesehatan mata karena menatap layar gawai berlama-lama tentu akan berdampak pada kesehatan mata. Kesehatan mata yang terganggu ini bisa dalam bentuk kelelahan yang dialami mata, muncul atau bertambahnya minus pada mata, sampai gangguan atau kerusakan di saraf mata. 

Tingkat konsentrasi anak menurun, bermain game online secara berlebihan atau sampai kecanduan, bisa berdampak pada gangguan konsentrasi anak. 

Hal ini karena adanya perubahan pada saraf otak yang membuat konsentrasi anak menurun, sehingga anak gagal fokus serta mudah lupa. Gangguan motorik karena seharian hanya duduk dan bermain game bisa membuat anak menjadi kurang bergerak. Lama kelamaan hal ini bisa berdampak bagi kemampuan motoriknya yang akan menurun. 

Akibatnya, pertumbuhan badan anak tidak maksimal dan muncul risiko obesitas. Serta komunikasi anak bermasalah karena kecanduan bermain game online bisa membuat anak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Dalam hal ini, komunikasi tidak hanya merupakan kegiatan mendengarkan dan merespons ucapan orang lain, tetapi juga membaca ekspresi lawan bicara, dan Anak menjadi lebih agresif, Karena kecanduan bermain game online yang memiliki unsur kekerasan bisa memicu anak menjadi pribadi yang lebih agresif dan emosi yang tinggi.

Lalu, apa yang membuat para pemain dapat kecanduan dalam bermain sebuah game? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan