Mohon tunggu...
Yusri
Yusri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMM

saya adalah lulusan D3 yang melanjutkan jejang S1 dengan tujuan saya ingin menjaadi seorang pengajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Mengubah Limbah Mawar Menjadi Pupuk Organik

2 Oktober 2022   23:15 Diperbarui: 2 Oktober 2022   23:21 235 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Gunungsari merupakan desa yang terkenal dengan pertanian sayur dan peternakan sapi perah. Tetapi sejak tahun 2005 hingga sekarang Desa Gunungsari terkenal dengan Desa penghasil bunga mawar potong. Produksi bunga mawar potong dari desa Gunungsari dipasarkan ke pelbagai daerah, bahkan sampai keluar pulau Jawa, misalnya ke Ujung Pandang, Medan, Bali dan daerah-daerah lainnya.Dengan adanya pertanian bunga mawar potong, kehidupan warga Desa Gunungsari mulai terangkat ekonominya.

Melihat dari potensi petani kebun mawar, mahasiswa universitas Muhammadiyah malang (UMM) melaksanakan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Kelompok 53 gelombang 9 Dengan dosen pembimbing lapanagn Drs. Amir Syarifuddin, M.P. di desa Gunungsari berinisiatif untuk mengembangkan dari hasil limbah panen mawar tersebut akan dujadikan pupuk organik.

Pupuk organik adalah  pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik daripada kadar haranya.Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah).

Semua proses dari sosialisasi pemanfaatn limbah mawar hingga proses pembuatan pupuk  dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kepada Remaja  desa setempat.

Harapan dari terlaksananya kegiatan diatas adalah meningkatnya produktifitas serta kreativitas para Remaja desa setempat dalam pengolahan limbah mawar menjadi pupuk organik..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan