Mohon tunggu...
Yusra Defawati
Yusra Defawati Mohon Tunggu... Guru - pemerhati Pendidikan

Guru DI SMA N 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Menjadi Guru Hebat di Era Pandemi Covid-19

30 Oktober 2020   11:00 Diperbarui: 30 Oktober 2020   11:11 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"Strategi Menjadi Guru Hebat Di Era Pandemi Covid-19"

Yusra Defawati, S.Pd*

 

Latar Belakang

Sejak merebak wabah pandemi Covid-19  awal Maret 2020  hampir di seluruh permukaan bumi ini, mengakibatkan lumpuhnya segala sendi kehidupan termasuk Indonesia. Bidang pendidikan termasuk imbas terbesar yang musti melakukan penyesuaian dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar, hal ini disikapi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dinas pendidikan provinsi , seterusnya satuan pendidikan dengan dikeluarkannya kebijakan kurikulum di masa kondisi khusus ini dan setiap satuan pendidikan diberikan kelonggaran dalam merealisasikannya.

Tantangan ini menggeliatkan semua aspek yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan untuk menata ulang perangkat pembelajaran yang tentu tidaklah mudah , Al Quran mengatakan Bahwa" Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu'min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada(Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."(QS.At-Taubah : 105). Yang mana kegiatan pembelajaran dilakukan secara online, salah satunya Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ) yang dipengaruhi oleh geogafis, budaya, maupun infrastruktur setiap daerah (Nadiem M. liputan6.com). Jika dilihat dari data statistiknya ada 51 juta siswa dan hampir 3 juta guru yang terdampak pandemi ini.  Namun demikian guru tetap menjadi pelecut dan pembina yang memiliki kemampuan luar biasa untuk melakukan PJJ ungkap Prof. Dr. Arief Rahman, M.Pd (Ketua Harian Nasional Indonesia untuk UNESCO). Peran guru dimasa pandemi diantaranya: 1). memastikan tercapainya tujuan pendidikan dan pemenuhan target akademik dan non akademik, mempersiapkam materi dan hasil evaluasi pembelajaran, 2). Guru juga memiliki tanggung jawab dalam memastikan keselamatan peserta didik secara fisik dan psikis, 3). Memberikan penguatan aktif dalam memberikan pemahaman kepada siswa guna mentaati semua protokol kesehatan.

Dengan demikian kepala sekolah sebagai manejer dari satuan pendidikan harus dapat merancang srtategi dalam menjalankan kurikulum kondisi khusus ini , terutama untuk guru sebagai pendidik yang berhubungan langsung dengan siswa, agar guru-guru tersebut menjadi hebat dan hal-hal yang diungkapkan di atas dapat direalisasikan secara optimal dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.

Strategi kepala sekolah menjadikan guru hebat di era pandemi

Guru hebat  menurut Agustina Soebachman (2004:79) adalah guru yang memiliki 5 kriteria , yaitu: kualitas, integritas moral, kedalaman ilmu, keterampilan, konitmen diri. Sebagaimana yang diungkapkan juga oleh Burden & Byrd serta Kennedy(Slavin:2000) bahwa guru yang efektif perlu memliki kemampuan untuk menanpilkan tugas-tugas yang  mempengaruhi instruksi efektif. Dari paparan diatas pada situasi pandemi covid19 saat ini masih sangat relevan. Melihat kriteria diatas  semua guru sangat mungkin dan bisa menjadi guru hebat apabila sekolah dapat melakukan upaya dan usaha untuk menciptakan guru-guru yang memiliki kriteria tersebut. Usaha --usaha itu dapat dilakukan baik secara indivu guru itu sendiri atau secara kolektif melalui lembaga sekolah. Usaha secara kolektif dapat diupayakan oleh kepala sekolah sebagai top manajer di sekolah.

Strategi  kepala sekolah dalam menciptakan guru hebat yang memiliki kedalam ilmu, keterampilan, komunikasi yang efektif, dan  keluwesan dalam pendekatan pembelajaran adalah :

  • Kepala Sekolah melakukan pemetaan terhadap kompetensi guru melalui data penilian kinerja guru sebelumnya. Dari hasil pemetaan tersebut guru dikelompokkan menjadi 3 level yaitu level1. 2, dan 3.
  • Level 1 hasil penilaian kinerja guru rendah, level 2 hasil penilian kinerja guru sedang, dan level 3 hasil penilaian kinerja guru baik.
  • Terhadap guru level 1 dan 2 dirancang perencanaan kegiatan workshop/pelatihan diantaranya pelatihan model-model pembelajaran daring, merancang persiapan pembelajaran daring, dan membuatnya dalam aplikasi daring yang digunakan. Adapun Nara sumber ahli dalam pelatihan diundang dari pengawas sekolah maupun dari widyaswara  LPMP dan dibantu oleh tenaga IT Sekolah dalam pendampingan guru, sedangkan guru level 3(baik) dijadikan sebagai tutor sebaya dalam pelatihan.
  • Dalam kondisi pandemi ini pelatihan direncanakan pelaksanaannya secara luring/offline, hal ini dikarena guru tersebut perlu dilatih secara langsung karena keterbatasan keterampilannya di bidang IT dengan tetap menjalankan  Protokol Kesehatan.
  • Melakukan supervisi dan monitoring pelaksanaan, serta mengevaluasi ketercapaiannya .
  • Melengkapi sarana prasarana pendukung untuk PJJ diantaranya ketersediaan  internet, bantuan pulsa yang cukup, kelengkapan labor IT, listrik yang memadai.

Keempat strategi di atas akan berhasil dengan baik dan optimal bilamana semua aspek kependidikan pada satuan pendidikan bersinergi dengan sungguh-sugguh.sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh  Ahmad," Seseungguhnya Allah menyukai hamba yang bekerja dan terampil. Siapa yang bersusah payah mencari nafkah keluarganya maka ia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah." Wallahu 'alam bisshawaab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun