Mohon tunggu...
Yusra Aziza
Yusra Aziza Mohon Tunggu... Business Administration

Penulis adalah seorang mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

FlexCase Teman Travelling Anda (Bisnis Model Canvas - FlexCase)

29 Mei 2019   10:30 Diperbarui: 29 Mei 2019   10:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

Future Development - Kewirausahaan Strategik

                                                                                                                                                        BAB 1

                                                                                                                                             PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Saat ini travelling merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh semua kalangan, terutama para  remaja. Tren wisata  keberbagai wilayah menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat saat ini. Di Indonesia tiaptahunnya jumlah wisatawan yang berkunjung meningkat, baik wisatawan lokal, maupun internasional. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik diketahui bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 15,81 juta jiwa di tahun 2018. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 14,04 juta jiwa pada 2017. Tidak hanya wisata dalam negeri yang mengalami pertumbuhan, tetapi tren wisata keluar negri (outboundtravel) yang dilakukan oleh  masyarakat Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dilansir portal online marketeers.com diketahui bahwa menurut laporan Mastercard Future of Outbound Travel in Asia Pasific (2016-2021), Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan 8,6% per tahun. Pertumbuhan tersebut tentunya membuka peluang bagi para pengusaha untuk menciptakan produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan traveller.

Berdasarkan data tersebut, maka peluang yang dapat dimanfaatkan adalah dengan memproduksi barang utama kebutuhan traveller, yaitu koper. Koper yang menjadi ide bisnis saya adalah koper dengan bentuk yang fleksibel, dan bahan yang tahan terhadap robekkan atau gesekan yang mengakibatkan koper menjadi rusak. Bahan tersebut meruapakan bahan anti-cut. Sehingga koper yang dimiliki traveller menjadi lebih aman dan tidak mudah rusak, serta ukurannya dapat di sesuaikan dengan kebutuhan traveller. Ide bisnis tersebut didasarkan pada masalah yang sering terjadi padatraveller ketika bepergian membawa koper. Dikutip dari laman berita online travel.detik.com bahwa  salah satu masalah yang sering dihadapi traveller adalah kerusakan pada kopernya akibat penumpukan di bagasi pesawat. Selain itu, ide ini juga didasarkan pada kebiasaan tarveller yang sering membeli koper tambahan ketika ingin kembali ke daerah asalnya. Hal tersebut terjadi karena, koper yang dibawa sebelumnya tidak dapat memenuhi barang-barang tambahan traveller. Masalah-masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah menggunakan koper yang fleksibel dan memiliki bahan dasar yang tahan terhadap robekan atau gesekan. Tentunya ide tersebut mudah untuk berkembang seiring dengan pertumbuhan wisatawan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa meningkatknya aktivitas travelling juga didasarkan pada perkembangan digital dalam dunia wisata. Sehingga memudahkan traveller untuk mengakses penawaran-penawaran tarvelling yang menarik. Akan tetapi, ide ini tidak mudah begitu saja untuk di kembangkan. Pasalnya bahan kain yang anti-cut masih belum banyak tersedia di pasaran, serta desain yang kompleks menyulitkan produk dapat dapat di produksi dengan mudah dan cepat.

                                                                                                                                                   BAB 2

                                                                                                                               BUSINESS MODEL CANVA

2.1 Customer Segment  

Customer segment merupakan sekelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi pelanggan. Pelanggan adalah inti dari Model Bisnis sebab tanpa adanya pelanggan (yang dapat memberikan keuntungan), maka tidak akan ada perusahaan yang mampu untuk bertahan. Berikut customer segment yang saya targetkan sebagai pelanggan produk FlexCase (Koper Fleksible) yang dibedakan pada beberapa aspek, yaitu:

  • Geografis 

            Secara geografis, penjualan koper FlexCase diawal diutamakan untuk wilayah di seluruh Indonesia, dikarenakan masih terbatasnya jumlah produksi dan pengembangan produk yang cukup sulit.

  • Demografis 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8