Mohon tunggu...
Yusnawati
Yusnawati Mohon Tunggu... Pengagum kata

Pengagum kata yang belajar merajut aksara.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Membakar Kalori dengan Sehat

4 Desember 2020   13:40 Diperbarui: 4 Desember 2020   13:46 65 4 0 Mohon Tunggu...

Hanya berbagi cerita untuk menghabiskan waktu di saat luang, daripada julid, bikin sakit hati. 

Sebuah bahasan soal membakar kalori. Siapa yang gak pengen sehat, punya tubuh proporsional dan pola asupan terjaga. Semua pasti mau, termasuk saya. Tetapi, kalau lihat  serangkaian olahraga yang lumayan menguras keringat, rasanya pengen kibaskan tangan duluan, ampun deh nyerah. 

Kalau dulu sih alasannya nggak punya waktu, nekad beli alat kesehatan. Ternyata itu hanya alasan saja. Habit lama terulang, pecah rekor cuma seminggu  bertahan menjalani hidup sehat. Selebihnya hidup mengalir seperti air. Hehhehe.

Singkat cerita tetiba saya mendapatkan kabar dari adik,  yang tinggal di Jerman karena mengikuti program beasiswa. Kaget, lima bulan nggak ketemu tubuhnya jadi slim. Dari enam puluh lima kilo turun jadi lima puluh kilo. Bangga banget dirinya, sambil berlenggak-lenggok menunjukkan postur tubuhnya full di layar ponsel. Memperlihatkan bagian perut, lengan, paha dan kaki yang mengecil.

"Wow, kok bisa turun drastis dik? Kamu kekurangan makan ya di sana? Atau sengaja diet untuk menghemat uang beasiswa," ujarku terkekeh.

"Enak aja, aku jalani pola hidup sehat."

"Olahraga maksudmu?"

"Enggak."

"Terus apa? Penasaran aku."

"Aku makan ini," ucapnya sambil menunjukkan yoghurt dan susu. 

Astaga aku baru sadar, di Jerman itu harga nasi kan mahal. Mau nggak mau dia harus menyesuaikan lambungnya mengkonsumsi apa yang menjadi makanan sehari-hari orang sono, termasuk roti kering yang masuk dalam daftar menunya. Konsumsi nasi bukan lagi jadi yang utama. Apa karena status mahasiswa sehingga iritnya kebangeten. Ayam dan daging hanya selingan, sayur wajib ada di setiap makan. Hanya tahu yang gak masuk daftar, karena harganya mahal. Katanya sih gitu. Beda dengan sini, tahu lima ribu bisa buat makan sepuasnya. Digoreng, dicrispy, ditumis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x