Mohon tunggu...
Yusfi Wawan Sepriyadi
Yusfi Wawan Sepriyadi Mohon Tunggu... Jurnalis - Belajar Menulis Agar Tidak Kehilangan Sejarah

Kompasiana merupakan salah satu media pembelajaran saya dalam mengekspresikan segala apa yang aku lihat dan aku dengar

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Peta Siaga Covid-19, Publikasi Media, Upaya Pantau Perkembangan di Desa

10 April 2020   01:15 Diperbarui: 10 April 2020   01:18 89 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Kompasiana- Dalam upaya menanggulangi dan pencegahan terhadap bahaya wabah virus Corona atau Covid-19, mestinya setiap desa, kecamatan dan kabupaten melakukan pendataan dan pembuatan publikasi baik secara online maupun secara manual yang bisa diupdate setiap hari.

1.Media Online

Saat ini, hampir setiap desa memiliki website, begitupula dengan kecamatan dan Kabupaten. Mestinya ini sebagai sarana untuk memberitahukan tentang perkembangan serta penyebaran wabah Covid-19 di masing-masing daerah, Hal ini penting diketahui oleh masyarakat secara umum mengingat penyebarannya sangat masif. Hingga saat ini , berdasarkan pengamatan saya perkembangan Covid-19 ini hanya bisa diketahui melalui akumulasi data Kabupaten.Padahal data-data tersebut bersumber dari data dari desa, selain itu perkembangan pada tingkat desa kita tidak mengetahuinya. mestinya itu juga dilakukan melalui website desa, atau mungkin bisa melakukan kerjasama dengan pihak media online, sehingga bisa terpublikasi secara jelas kepada masayarakat. Dan masyarakatpun bisa melakukan upaya pencegahan secara mandiri.

2. Peta Siaga Covid-19

Pembuatan peta Siaga Covid-19 sangatlah penting untuk dilakukan di tingkat RT/RW hingga Kabupaten. Untuk memonitoring perkembangan Covid-19 pada tingkat Kecamatan dan Desa bisa dilakukan dengan menggunakan Peta Siaga Covid-19. yang dipasang di Kantor Desa hingga pada tingkat RW di masing-masing poskampling.Mengingat masyarakat kita juga bukan hanya masyarakat online , masih banyak masyarakat kita yang belum mengatahui informasi perkembangannya. Dengan adanya peta Siaga Covid-19, tentunya tanpa harus membuatkan area untuk isolasi dengan biaya yang besar, secara madiri masyarakat kita akan tahu wilayah wilayah mana yang masuk dalam 

Zona bahaya.

Dipastikan dengan penggunaan peta siaga Covid-19, sebagai alat bantu sistem koordinasi dari tingkat RT atau RW hingga Kabupaten akan terkoordinasi dengan baik , sehingga masyarakat mengetahui secara pasti jumah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan banyaknya jumlah Kasus yang terkonfirmasi. Saya rasa sangat penting kenapa ? dengan adanya data-data tersebut setidaknya masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut bisa melakukan upaya-upaya pencegahan secara mandiri.

Penulis : Yusfi Wawan Sepriyadi,ST (Geologist)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan