Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Lebaran Sebentar Lagi, Tadinya Mau Beli Sandal Saja

7 Mei 2021   05:10 Diperbarui: 7 Mei 2021   05:13 842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beli Kebutuhan Lebaran , Sumber : Cnnindonesia.com

Lebaran Sebentar lagi --  Hanya Beli Sandal Baru Plus

Yup, karena kondisi pandemi semua orang merasakan imbasnya . Banyaknya pemutusan hubungan kerja karena roda perekonomian terimbas ke titik rendah. Akhirnya daya beli masyarakat menurun sehingga mesti distimulus oleh Pemerintah dengan bantuan sosialnya. Semua bantuan tunai yang diberikan kepada kepada yang berhak semestinya digunakan Kembali untuk belanja kebutuhan produktif dimana dapat menggairahkan Kembali sektor perdagangan. Perputaran uang paling besar diataranya ya menjelang Hari Lebaran. Lihat saja di Tenabang atau pasar -- pasar lainnya , semua berjubel datang membeli untuk kepeluan ber hari raya. Begitupun dengan saya. Bedanya saya belanja online.

Saya berpesan sama istri di rumah untuk dibelikan sandal baru saja, soalnya sandal saya yang masih baru hilang di masjid sesaat setelah sholat Jumat usai. Saat itu saya heran , kenapa sandal saya bisa tidak ada pada tempatnya. Saat itu seolah dunia runtuh dan sedikit malu karena pulang dengan jalan kaki. Saya tak mau melakukan hal yang sama dengan mengambil sandal lainnya, meski itu sandal yang dianggap tidak ada pemiliknya. Lebih baik bertelanjang kaki dan mudah- mudahan ada pahalanya di sini.

Hilang sandal di masjid kalau mau dirunut ke depan rupanya saya bisa berkontribusi dalam menggerakan sektor perdagangan. Orang -- orang  yang bekerja di pabrik sandal mendapatkan upah dari pengusaha yang mendapatkan keuntungan dari usaha sandalnya dan saya salah satu dari sekian banyak orang yang membeli sandal tersebut.
Karena berpikran demikian, maka ketika istri menawarkan baju lebaran yang couple (seragam keluarga) secara online saya langsung mengamininya. Belanja kebutuhan lebaran bukan belanja keinginan menghabiskan uang secara boros. Selama itu wajar dan memberikan kemanfaatan bagi orang lain kenapa tidak!

Saya kemudian menginventarisir  kebutuhan apa saja yang saya beli untuk lebaran ini :


1.Sandal baru buatan lokal;

2.Baju lebaran seragam keluarga  termasuk baju anak -- anak dengan memesan kepada para pelaku usaha baju lokal ;

3.Kaus kaki ;

4.Ikat pinggang (gesper).

Beli Baju Lebaran setiap tahun untuk anak , Dokpri
Beli Baju Lebaran setiap tahun untuk anak , Dokpri

Saat lebaran ini saya memang tidak biasa membeli aneka makanan kue untuk disajikan di hari fitri, persediaan makanan kering  berupa hampers kebetulan banyak didapatkan setiap menjelang lebaran. Dari sini ada penghematan uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Jadi kalau mau ke rumah saya jangan khawatir akan tetap banyak tersaji kue aneka rasa dan aneka bentuk.

Berapa budget yang mesti disiapkan untuk membeli kebutuhan lebaran?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun