Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Apa yang Hilang Tak Bisa Dikembalikan, Kojima Menjaga Kesehatanku dalam Merawat Keluarga Lebih Lama Lagi

20 April 2021   21:21 Diperbarui: 20 April 2021   21:53 1867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puasa di Bulan Ramadan lebih baik dengan Minum Kojima Yang Menjaga Kebutuhan Nutrisi Saat Berpuasa / dokpri

Anda  memiliki  tubuh rentan alias gampang sakit? Pernah lihat orang alergi gatal, alergi cuaca dingin hingga orang tersebut bersin terus menerus, pernah lihat orang yang memiliki alergi susu, alergi kacang, alergi bulu dan lain sebagainya. Setiap orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu pasti cara hidupnya akan sedikit berbeda dengan orang yang sehat.  Saya salah satunya.

Bedanya saya termasuk orang yang  memiliki alergi . Setiap bangun pagi, Ketika tubuh saya tidak bisa menoleransi perubahan cuaca baik dari panas ke dingin atau sebaliknya maka hidung saya langsung  bersin  , kadang bersin muncul hampir setiap  saat bila kondisi saya ngedrop /daya tahan tubuh berkurang.  

Berkurangnya   perfoma tubuh  ternyata bukan hanya disebabkan oleh  beban kerja fisik  saja . Bisa jadi karena ada dua faktor  internal dan eksternal. Salah satunya adalah soal kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan  manusia .

Manusia itu sendiri  memiliki kecendrungan besar dalam kepemilikan suatu penyakit. Entah itu penyakit yang bersifat bawaan atau turunan atau penyakit lainnya .   Cara memandang suatu penyakit  terbagi dua,  yaitu menerimanya sambil berusaha mencari obat / pengobatan terbaik atau pasrah apa adanya tanpa melakukan apa- apa dan menganggapmnya sebuah karma buruk.  Kojima bisa menjadi solusi.

Sejarah keluarga saya yang memiliki banyak  anak  tentu berbeda kualitasnya dengan keluarga yang memiliki anak yang lebih sedikit.  Saya anak kesembilan dari sepuluh bersaudara  yang memiliki  riwayat penyakit flu /  bersin di pagi hari. 

Selintas orang -- orang di komplek rumah atau di manapun saya berada sering bertanya -- tanya "Kenapa pak, masuk angin , sudah minum obat?" 

Lalu setelah hari -- hari berikutnya barulah mereka sadar kalau saya memang setiap hari bersin atau flu. Sungguh  orang -- orang akan sangat iba bila melihat saya bersin. Pun saya demikian , namun saya sadar ini adalah sesuatu diluar kendali saya.  Hanya bisa berkurang apabila memang daya tahan tubuh saya kuat.

Perubahan Setelah Menikah

Setelah menikah pada Tahun 2012 sembilan tahun yang lalu , alergi saya mulai berkurang karena beberapa hal :

dokpri
dokpri
1. Tidur Cepat

Kebiasaan bergadang tidur di atas jam 1o malam seketika hilang menjadi Kebiasaan tidur malam secepat mungkin. Cepat di sini adalah di bawah jam 9 malam setelah menunaikan ibadah sholat Isya . Seringnya adalah jam 8 malam  kami sudah terlelap. Dan ini membuat badan saya menjadi lebih segar karena ada waktu sel sel  tubuh untuk regenerasi .  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun