Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mau Hemat Saat Ramadan Tiba, Ingat 3 Pesan Berikut Ini!

18 April 2021   17:47 Diperbarui: 18 April 2021   18:15 1065 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Hemat Saat Ramadan Tiba, Ingat 3 Pesan Berikut Ini!
Berpuasa mengajarkan arti bagaimana sehat dan peka kepada sesama  sumber: edited by yusep hendarsyah

Tips Mengatur Keuangan Saat Ramadan

Memiliki uang banyak di tabungan adalah impian semua orang di dunia ini. Kekayaan dan kejayaan  menjadi ukuran manusia untuk bisa disebut dengan  orang sukses.

Berbeda  dalam konsep keagamaan yang disebut sukses adalah kadar ketakwaan kita dihadapan Allah SWT yang meningkat. Soal materi yang berlimpah, itu hanyalah titipan dari  Nya untuk dipergunakan sebagaimana aturan kemanuasiaan berlaku. 

Berbicara soal mengatur keuangan, maka Islam sebenarnya telah mengaturnya dengan bijak. Nah di Bulan Ramadan ini, saya memiliki tips dalam mengatur keuangan:

1. Membeli kebutuhan makan dan minum untuk berbuka puasa  sesuai kebutuhan 

Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Ini yang pernah diucapkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.  Apa yang  kita makan diharapkan tidak berlebihan. Ketika dikatakan tidak berlebihan maka diperlukan manajemen keuangan yang baik  dalam membeli makanan tersebut.

Sudah menjadi bagian dari kehidupan di Indonesia, Ketika hari -- hari biasa orang makan sebanyak 3 kali sehari pagi , siang dan malam. Makanan dan minuman  yang dikonsumsi merupakan sesuatu yang biasa kita makan.  Selama 11 bulan kita tidak memantang apapun . 

Puasa Ramadan memiliki kandungan agar kita menjadi sehat dengan mengistirahatkan organ pencernaan kita bekerja  secara maksimal.  Meski demikian teorinya , apa yang terjadi malah kita menjadi semena -- mena memasukan makanan yang kita inginkan ke mulut sesuai denga napa yang kita inginkan.  

Hal demikian dari sisi Kesehatan tentu tidaklah baik malah  mengundang penyakit masuk ke dalam tubuh kita karena terlalu banyak makanan yang dibeli karena keinginan saat berbuka tiba. Kolak masuk, es campur masuk, gorengan masuk, sambal masuk dan  aneka jenis makanan yang manis dan pedas semuanya coba dihidangkan dihabiskan dalam satu waktu berbuka.

Nah tipsnya untuk menghindari hal tersebut adalah menyiapkan uang secukupnya untuk membeli bahan makanan dan minuman  untuk berbuka puasa.  Kalau mau ikut sunah 3 butir kurma , namun saya yakin tidak ada yang kenyang dengan hanya memakan 3 butir kurma. Hehehehe . Kalau begitu belilah lauk pauk yang sederhana dan menyehatkan. Cukup karbohidrat, protein, dan vitamin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN