Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Money

Quo Vadis Kusut Macet di Jakarta!

8 November 2017   11:21 Diperbarui: 8 November 2017   16:28 640
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Macet itu Bukanlah Dilema tapi Realita yang Anda harus hadapi, sumber kompas.com

CUMA DI BULAN YANG GAK MACET !

Stress... itu  pertamakali ketika saya memulai hari pertama kerja di Jakarta.  Dari rumah berangkat pukul 05.30 pagi sampai kantor pukul 08.30 praktis 3 jam perjalanan dihabiskan dari senin hingga jumat. Penyebabnya  salah satunya adalah pintu tol karang tengah yang padat  merayap belum lagi arah kebun jeruk dan tomang.  Setiap hari ketemu macet dan ini berlangsung kurang lebih 4 tahun hingga akhirnya saya memutuskan untuk berhenti kerja di  Jakarta (dejure) kalau defacto sih masih suka keluyuran di Jakarta.

Macet kekinian banyak disebabkan oleh pertumbuhan kepemilikan mobil yang berbanding terbalik dengan pertumbuhan atau pembangunan jalan. Macet juga  disebabkan oleh perbaikan dan pembangunan jalan di ruas protocol jalan Jakarta. Lihat saja arah semanggi sebelum dibangun  lingkar semanggi jalanan di situ sudah macet parah. Ketika terjadi pembangunan malah semakin parah dan Alhamdulillah ketika lingkar jalan semanggi itu resmi beroperasi kemacetan mulai mengurai tidak separah sebelumnya. Ke depannya dengan pertumbuhan volume kendaraan disinyalir akan terjadi  kemacetan juga seperti yang sudah sudah. Oleh karenanya harus ada kebijakan yang baru selain dari kebijakan "Kalau beli mobil harus ada garasi rumah" Kebijakan incremental  ini  masih bisa dimanipulasi oleh pembeli dan penjual seperti hasil investigasi dari beberap stasiun tv  swasta nasional dalam tayangan investigasinya.

MOBIL DULU APA PEJALAN KAKI YANG MEMBUAT MACET?

AKhir akhir ini ada pernyataan dari  sang petinggi mengenai penyebab macetnya jalan di  kawasan Tanah Abang Jakarta. Disebutkan dari hasil riset  penyebab macet atau semrawutnya jalan adalah para pejalan kaki yang melewati kawasan itu.  Hasil riset yang membuat kontra banyak pihak ini membuktikan bahwa masih banyak warga yang memilih jalan kaki ke tanah abang tersebut. Hemat saya kalau semua pejalan kaki yang diriset tersebut membeli kendaraan roda dua dan roda empat maka tentulah hasilnya akan berbeda. Hehehehehe

Di saat moda transportasi  yang disediakan pemerintah semisal Bus Transjakarta, Kereta Rangkaian Listrik (KRL)  mulai digemari warga, ada yang mesti dan harus dilakukan oleh pemerintah untuk menyikapi bagaimana seharusnya penyediaan ini lebih bermanfaat dan berdaya guna. Lihatlah pengalaman saya ketika pagi pagi harus berjibaku berhimpit himpitan di bus transjakarta dan KRL dari Stasiun Rawa Buntu hingga Stasiun Palmerah misalnya. Akan kita temui suasana yang menurut saya "menyeramkan". Bus  atau kereta itu penuh sesak oleh para penumpang , belum lagi ada aksi jahil  orang yang  berwatak durjana yang aktif mengerayangi tubuh (pelecehan seksual) atau menggerayangi benda benda berharga kita (copet). Sungguh berbahagilah para pemilik mobil yang duduk di belakang pak sopir bersama alunan syahdu lagu faovortinya sehingga bisa tidur nyenyak melanjutkan mimpi semalam yang belum usai.

Kami yang berhimpitan di moda transportasi umum (bus, Transjakarta,KRL) yang tidak atau  belum menyumbang kemacetan jalan karena berkeinginan merasakan yang sama duduk manja di balik kemudi mobil pribadi tanpa harus kepanasan di bus yang tak ada AC nya, mencium bangu keringat  orang yang tidak kita kenal atau rezeki kita dirampas oleh para pencoleng yang menyaru jadi penumpang. Sungguh kami iri sangat akan arti sebuah kenyamanan. Permintaaan sederhana dari saya sampai kepada bisakah bus transjakarta di tambah agar tak ada "teri- teri yang terpanggang " tidak pada tempatnya. Bisakah gerbong KRL ditambah agar kami merasakan sedikit saja kenyamanan dan jangan membiarkan kami berfikiran ya sudah kami beli mobil baru/ second saja "peduli setan " soal macet,   toh tidak ada  kebijakan dari pemerintah yang komprehensif dalam penanggulangannya. Sampai akhirnya Aplikasi Moda Online pun hadir dalam kehidupan kami .

SHARING RIDE SOLUSI ATAU SUMBER KEMACETAN !

Anda tentunya sudah pasti pernah melihat ketika sedang duduk dalam bus bermacet macet ria dan di  samping  bus terlihat mobil mobil pribadi aneka bentuk dan merk dari  terkenal. Semakin menyebalkan ketika kita melihat pengendara tersebut hanya sendirian di dalam mobilnya. Ada yang salah dengan negeri ini kenapa sumber masalah kemacetan  seperti ini tidak diberangus. Di manakah letak keadilannya. Ketika  mobil mobil tersebut yang berjejer memenuhi jalan  tol yang setiap hari saya lewati  ternyata berisi satu orang saja. Kenapa mereka tidak  mau pakai moda transportasi umum?

Kebijakan  Three in One hanya omong kosong saja, di pinggir jalan mereka dengan mudahnya mengambil joki -- joki  untuk memenuhi kuota  minimal 3 orang penumpang agar bisa melewati jalanan protocol di Jakarta. Beruntung eksploitasi manusia ini berakhir dengan kebijakan kendaraan genap ganjil yang diterapkan  kemudian.

Setiap orang butuh kenyamanan, banyaknya orang membeli harga kenyamanan ini dengan  kepemilikan mobil sampai akhirya moda online memanjakan para penggunanya. Sebelum moda online booming, Istri saya  biasa sampai ke rumah  menjelang pukul  20.00 malam  dan selalu ketika anak sudah tertidur lelap . Tidak ada kualitas  hidup di sini yang membuat anak anak merasa nyaman bertemu dengan orang terkasih. Sejak moda online tiba,  Ibu dari kedua anak saya sampai ke rumah sebelum dan atau sesudah magrib. Itu karena sharing ride sebagai solusi perkembangan zaman yang dilirik oleh para foundernya sebagai bisnis yang sama sama menguntungkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun