Mohon tunggu...
Yus Afiati
Yus Afiati Mohon Tunggu... Guru - Belajar di PAI,Institut Pembina Rohani Islam Jakarta

Seorang ibu rumah tangga yang belajar dan mengajar, menanamkan akar agama yang kuat kepada generasi muda untuk menjadi manusia yang manfaat, mencari ridho Allah.

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Aku Tak Ingin Gemuk

9 Januari 2022   00:44 Diperbarui: 9 Januari 2022   00:58 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Simdos Unud.id

Aku Tak Ingin GEMUK

Buah apel itulah bentuk yang serupa
Buah jatuh tak jauh dari pohonnya
Bukan aku tak terima
Bakat itu karunia-Nya

Makin buncit nan gemuk itu pertanda
Makan dan minum dalam gembira
Meski bersahaja nikmat terasa
Malas menahanku berolahraga

Kenyang terasa terulang enaknya
Kadang membuai lidah tuk coba
Kini tak nyaman dipandang mata
Kupegang perut lemaklah isinya

Betapa kini aku tak mau celaka
Buncit perut tak kuat berlama-lama
Beribadah malas belajar tak selera
Beginilah jika aku rakus dunia

Makanan minuman dan udara
Masing-masing sepertiga
Masih kuabaikan nasihat mulia
Mengisi penuh sesal akhirnya

Kelalaian akhirat kerakusan dunia
Kejujuran hilang tak dipercaya
Kegemaran bicara tanpa diminta
Kegemukan perut hasilnya

Aku tak ingin gemuk jadinya
Buncit perut takut dicela
Cerdas berkurang hapalan sirna
Derita sakit lebih berbahaya

Depok, 9 Januari 2022

"Allah tidak memandang rupa dan harta kalian melainkan hati dan amalnya"(Shahih Muslim)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun