Mohon tunggu...
Yurika Anidza Faqih
Yurika Anidza Faqih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Tahu CBR Maron Sebaluh

27 Januari 2022   10:30 Diperbarui: 27 Januari 2022   10:33 84 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tahu merupakan salah satu jenis makanan berasal dari kedelai yang sederhana dan mempunyai tekstur lembut dan enak. Selain itu tahu mengandung nutrisi yang tinggi sehingga mempunyai manfaat bagi tubuh manusia. 

Melihat dari banyaknya masyarakat yang menyukai tahu, tentunya dari kalangan masyarakat Indonesia sendiri tidak sedikit yang memproduksi tahu yang mana hal tersebut digunakan sebagai UMKM di daerah masing- masing. Salah satunya di desa Pandesari tepatnya di dusun Maron Sebaloh, yang memproduksi tahu padahal mayoritas penduduk disana mata pencahariannya sebagai pemerah susu, pemproduksi susu, dan berkebun.

Namun dalam hal ini Pak Sabar selaku penduduk yang memproduksi tahu memilih inovasi lain sebagai UMKM di dusun Maron Sebaloh. Dalam pembuatan tahu disediakan beberapa peralatan yang memadai agar produksi tahu menjadi maksimal dan tidak mudah hancur.

Langkah pertama dalam pembuatannya adalah dengan memebrsihkan kedelai lalu direndam yang vertujuan untuk memeprlunak kedelai. Kemudian dilakukan penggilingan kedelai agar menjadi bubur kedelai, lalu proses pemasakan, penyaringan, pengasaman, dan proses yang terakhir adalah dengan pembungkusan dan pencetakan.

Ketika pencetakan sudah terbentuk, tahu lalu dipotong sesuai dengan garis yang telah terbentuk. Kemudian tahu dimasukkan dalam box dialiri air sampai tidak keruh. 

Pembuatan tahu tersebut dimulai dari habis subuh hingga jam dua siang, dengan menghasilkan belasan box yang siap dijual. Harga dari tahu tersebut dipatok harga 10.000 untuk empat potong.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan