Mohon tunggu...
wahyu siswantriyani
wahyu siswantriyani Mohon Tunggu... Guru - Harus selalu semangat untuk Indonesia lebih baik

Wahyu = Wasis, Asih, Happy, Yang Percaya Allah dan Useful

Selanjutnya

Tutup

Politik

Jika Kami Menjadi Menteri Luar Negeri, Kami Akan... (Proyek Kelas XI)

3 Mei 2017   14:43 Diperbarui: 3 Mei 2017   15:04 664
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pelajaran PPKN kelas XI ini ada materi yang menarik mengenai Hubungan Internasional dan Hukum Internasional. Awalnya siswa diberikan materi serta isu-isu terkini mengenai Hubungan maupun Hukum Internasional. Yang menarik dalam pembelajaran ini adalah ketika ada kunjungan raja Salman dari Arab Saudi dan Pak Presiden Jokowi membuat vlog jamuan makan siang dengan beliau.

https://www.youtube.com/watch?v=qGLmisC4L6o

Vlog ini kemudian menginspirasi saya untuk menugaskan siswa membuat sebuah vlog sebagai penilaiannya. Vlog menurut saya bukan sesuatu hal yang asing bagi siswa.  Inspirasi yang lain untuk memberikan tugas ini juga kompetisi beberapa waktu yang lalu tetapi dengan tema jika menjadi menteri keuangan. Karena yang berkaitan dengan hubungan internasional adalah menteri luar negeri maka saya mengubahnya menjadi menteri luar negeri.Vlog kemudian saya berikan tema "Jika Kami Menjadi Menteri Luar Negeri, Kami akan..."

Siswa juga diwajibkan untuk berkunjung ke web resmi yang dimiliki oleh kementerian luar negeri yaitu http://kemlu.go.id/id/Default.aspx supaya semakin mengetahui tugas dan fungsi menteri luar negeri. Selain hal ini cocok dengan materi yang dibahas siswa. Siswa wajib untuk menyertakan 5 teori dari materi hubungan internasional dan hukum internasional.

Konten yang harus ditampilkan pun harus mendidik, karena kalau dilihat masyarakat pada umumnya tidak mengetahui peran seorang menteri luar negeri. Saya tegaskan pula agar siswa menggunakan kata-kata yang positif dalam kontennya. Siswa juga saya tantang untuk posting di youtube dan harus mendapat minimal 100 likes serta minimal 150 views serta posting  di 2 blog anggota kelompok.

Dalam hal ini siswa yang saya ajar di kelas XI ada 5 kelas dan perkelas saya bagi ke dalam 3 kelompok yang terdiri dalam satu kelompok antara 5-7 orang.

Dalam prosesnya siswa juga diwajibkan membuat jurnal pengerjaan dan refleksi dari tugas ini.

Saya memang memberikan kelonggaran siswa mengerjakan di kelas PPKN maupun di luar sesuai kebutuhan dan saya bilang jangan sampai mengganggu tanggung jawab yang lain (Saya juga tidak mau mendapat komplain dari sekolah, ortu maupun guru yang lain). Namun, saya sarankan untuk dikerjakan di jam pelajaran PPKN dan saya berikan waktu untuk mengedit video yang dibuatnya.

Tanggapan siswa pun bermacam-macam ada yang antusias, biasa saja dan malas mengerjakannya. Tetapi secara umum mereka antusias, mereka juga cukup puas dan memiliki rasa memiliki tugas ini. Saya pun bangga akan mereka yang melebihi ekspektasi awal saya.

Berikut bisa dilihat karya mereka dalam Youtube.

https://www.youtube.com/playlist?list=PLLFlmDXRWVnr0Atrn8GkxuMP1VOiOyStV

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun