Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Catastrophic Gunung Semeru dan Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Risiko terhadap Bencana

13 Desember 2021   07:00 Diperbarui: 13 Desember 2021   09:36 2176 35 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gunung Semeru meletus pada Sabtu (16/1/2021). (Sumber: Twitter @thoriqul_haq via Kompas.com)

Sabtu 4 Desember 2021 menjadi mimpi buruk di siang bolong bagi warga di sekitar kaki Gunung Semeru ketika terjadi erupsi yang mengubah siang menjadi gelap gulita akibat semburan guguran asap tebal awan panas dan diikuti banjir yang menghancurkan apa saja yang dilewatinya di desa-desa, ternak, tanah pertanian dan perkebunan bahkan merendam puluhan rumah warga tanpa ampun. 

Seperti yang diberitakan oleh harian umum Kompas pada tanggal 5 dan 6 Desember 2021 telah menelan korban jiwa 14 warga meninggal dan sekitar 98 terluka:

Kewaspadaan masih tinggi pascaerupsi Gunung Semeru diKabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021) pukul14.50. Bantuan segera dikerahkan dari level kabupaten hingga Jakarta pada masa tanggap darurat. Hingga Sabtu pukul 20.30, dampak erupsi dilaporkan menewaskan satu orang di Desa Supiturang, dua warga dilaporkan hilang, delapan orang terjebak, dan lebih dari 40 orang mengalami luka bakar. Mereka warga Kecamatan Pronojiwo dan Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang yang terdampak abu vulkanik bercampur air hujan.

Diketahui bahwa semua bangunan rumah warga di area Curah atau Besuk Kobokan yaitu Desa Supiturang hancur, sedemikian kacaunya keadaan sehingga semua warga terpaksa dievakuasi dan diusingkan guna mengurangi korban jiwa.

Sementara satu-satu jembatan nadi mobilitas penduduk dari Lumajang - lokasi bencana ke Malang yang dikenal dengan jembatan Gladak Perak terputus.

Nampak sekali ketidaksiapan warga menghadapi bencana erupsi Gunung Semeru yang selama ini menjadi ikon penting wisata yang banyak dikunjungi baik luar negeri dan utamanya domestik.

Erupsi Semeru, Risiko Catastrophic

Bencana alam yang diakibatkan oleh erupsi Gunung Semeru termasuk dalam ketagori risiko dasar bersifat catastrophic yang menjelaskan suatu peristiwa di mana disebabkan dan ditimbulkan oleh alam yang tergolong skala besar di mana peristiwa ini jarang terjadi, tetapi apabila terjadi kerugian yang akan ditimbulkannya sangatlah besar. 

Bencana alam, gempa bumi, gelombang tsunami, bahkan angin topan merupakan contoh tentang catastrophic ini.

Erupsi Gunung Semeru | sumber : facebook.com
Erupsi Gunung Semeru | sumber : facebook.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan