Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bekerja Demi Uang, Kerja Keras untuk Diakui dan Dihargai

30 Juli 2021   07:02 Diperbarui: 31 Juli 2021   02:00 740 38 57 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bekerja Demi Uang, Kerja Keras untuk Diakui dan Dihargai
Ilustrasi gaji | Sumber: unsplash.com

"Orang bekerja demi uang tetapi bekerja lebih keras untuk mendapatkan pengakuan, pujian, dan penghargaan" - Dale Carnegie

Kerja Demi Uang

Adakah orang yang bekerja tetapi tidak memahami untuk apa dia bekerja? Bila ada, tentu sangat memprihatinkan. Bahkan mungkin bekerja sangat keras sepanjang hidupnya, tetapi tidak memahami untuk apa melakukan itu semua.

 Ungkapan  Dale Carnegie, bisa menjadi pilihan jawaban bagi sebagian besar orang yang bekerja, yaitu, “orang bekerja demi uang tetapi ketika dia bekerja sangat keras maka yang dia cari adalah pengakuan, pujian dan penghargaan”

Pertama, setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti makan, minum, pakian, tempat tinggal, kendaraan, dan seterusnya. Dan untuk itu, membutuhkan uang untuk mengadakannya, atau membeli kebutuhan dasarnya itu. 

Sebab, kebutuhan dasar menjadi syarat agar seseorang, dan atau juga dengan keluarganya bisa hidup dan meneruskan kehidupan mereka. Setiap orang akan berjuang, dengan segala cara untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, sandang, pangan dan papan. Bahkan, ini menyangkut antara mati dan hidupnya, dan karenanya akan mengembangkan beragam cara dan strategi mendapatkannya.

Ilustrasi kerja demi uang | Sumber: themakingofamillionaire.com
Ilustrasi kerja demi uang | Sumber: themakingofamillionaire.com

Tidak salah dan keliru bila seseorang memilih bekerja itu untuk mencari dan mendapatkan uang dan uang sampai dia merasa mencukupi

Kedua, akan tetapi, setelah kebutuhan dasarnya terpenuhi, maka akan muncul kebutuhan lain yang bukan uang atau materi lainnya. Tetapi, kebutuhan akan pengakuan, pujian dan penghargaan. 

Pengakuan, pujian dan penghargaan merupakan dimensi yang menempatakan bahwa orang atau karyawan itu memiliki nilai, harga dan harkat yang tinggi tidak terbatas pada unit moneter saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x