Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mau Bekerja di Perusahaan High-Performance? Ini Ciri-cirinya

10 Maret 2021   06:00 Diperbarui: 10 Maret 2021   06:09 1099 65 122 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Bekerja di Perusahaan High-Performance? Ini Ciri-cirinya
pixabay.com

Mau bekerja di perusahaan yang super dan hebat serta keren atau di perusahaan yang biasa-biasa saja? Ini pertanyaan simpel tetapi jawabannya akan menentukan siapa diri Anda sesungguhnya dalam bekerja dan berkarir dalam hidup. 

Jawaban paling banyak dari para pencari kerja adalah mau bekerja di perusahaan yang hebat tetapi tidak yakin diterima atau ditolak. Mau sih, bekerja di perusahaan keren dan besar tetapi syaratnya yang ringan-ringan sajalah. Dan kalau ini jawaban Anda, sangat besar kemungkinan Anda akan ditolak masuk dalam perusahaan yang hebat itu.

Hanya sedikit pencari kerja yang memiliki jawaban begini, "Saya akan berjuang agar diterima di perusahaan yang super dan hebat". Kandidat karyawan semacam ini akan mencari peluang kerja bukan asal lewat, apalagi hanya coba-coba bahkan sekedar gambling saja. Dia pasti akan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang peluang kerja di perusahaan yang super, berkinerja tinggi dan mencocokan dengan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, attitude serta beragam karakteristik yang dimiliki sebelum mengajukan permohonan atau lamaran kerja.

Bersyukurlah bila saat ini Anda sedang bekerja dalam sebuah perusahaan yang memiliki high performance karena seluruh potensi yang Anda miliki dipastikan akan terus berkembang dan bertumbuh. Pesan pentingnya adalah jagalah, peliharalah dan terus berkarya tanpa batas sebab perusahaan Anda akan terus mendorong Anda sampai batas kemampuan terbaik yang Anda miliki. Dan tentu imbalan, penghargaan yang berlimpah akan terus mengalir dalam hidup Anda.

Bagaimana dengan Anda yang berada dalam perusahaan yang tidak baik, performance-nya sangat rendah, mungkin lebih baik Anda ambil nafas sebentar dan memikirkan ulang dan segera memutuskan apakah Anda akan bertahan di dalam perusahaan ini atau segera keluar saja dan mencari perusahaan baik dan memiliki kinerja super dalam menjalankan bisnisnya. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang sedang mencari perkerjaan yang terbaik untuk berkarir dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki agar hidup lebih optimal dalam pencapaian terbaik setiap saat.

Oleh karenanya menjadi sangat penting untuk memahami karakteristik perusahaan yang akan dilamar untuk bekerja sebelum memasukkan lamaran pekerjaan. Artinya, jangan sembarangan mengajukan lamaran pekerjaan sebelum paham benar apakah perusahaan itu termasuk yang memiliki high-performance atau malah perusahaan biasa-biasa saja. Kenali karakteristiknya secara cermat, dan bila perlu cari testimoni kehebatannya.

Perusahaan High-Performance

Perubahan yang sedang terjadi dan akan terus terjadi dalam dunia bisnis dan industri memperhadapkan pelaku dunia usaha dan industri dalam kompetisi yang sangat ketat. Sedemikian turbulennya situasi yang ada, maka perusahaan yang tidak memiliki daya suai yang tinggi akan kalah bersaing dan menjadi pengekor saja, bahkan bisa saja terancam gulung tikar dan harus quit dari arena persaingan.

Guru Besar Manajemen Sumber Daya Manusia, Gary Dessler dalam buku terbarunya Human Resource Management (16-ed, 2020) menjelaskan pentingnya penerapan High-Performance Works System, dikenal dengan HPWS yang mampu menjaga agar semua karyawan yang dimiliki tetap berada dalam ritme kinerja super dan tinggi sepanjang waktu. 

HPWS merupakan seperangkat kebijakan dan praktik Manajemen Sumber Daya Manusia yang akan memaksimasi kompetensi, komitmen, dan kemampuan karyawan  perusahaan dalam mewujud-nyatakan tujuan dan target yang diharapkan oleh perusahaan. Dalam prakteiknya, ini berarti bahwa setiap aktifitas SDM HPWS akan memberikan hasil superior  yang terukur.

Dalam berbagai studi dan kajian yang dilakukan terdapat sekitar 19 ciri-ciri yang membedakan perusahaan high-performance dengan perusahaan yang biasa-biasa saja. Dalam studi terakhirnya, Dessler  (122,2020) mengompres ciri-cirinya menjadi 9 karakteristik saja, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN