Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Sekolah Akan Dimulai Ketika Hanya 6% Zona Hijau dan 94% Merah

16 Juni 2020   00:54 Diperbarui: 18 Juni 2020   12:53 243 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekolah Akan Dimulai Ketika Hanya 6% Zona Hijau dan 94% Merah
Tangkapan Layar Penjelasan Mendikbud|Dok Pribadi

Zona Merah 429 Kab/Kota

Pemerintah memastikan pelaksanaan proses pendidikan akan dilakukan sesuai dengan jadual pada bulan Juli 2020 seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja pelaksanaan proses pembelajaran tidak sepenuhnya bisa dilakukan secara tata muka mengingat masih tingginya wabah pandemic Covid-19.

Oleh Mendikbud, Mas Nadiem Makarim menegaskan bahwa dari  total wilayah hanya 6% saja yang bisa melakukan proses pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas. Sementara, yang sisanya sebesar 94% tidak boleh dilakukan secara tatap muka, tetapi dengan BDR atau Belajar Dari Rumah saja, seperti yang selama  ini, sejak Maret 2020 dilakukan, termasuk penyelenggaraan ujian-ujian.

Hanya 6% atau sekitar 85 Kabupaten dan Kotayang berada dalam zona hijau, aman dari penyebaran Covid-19. Sementara sebagian besar atau 94% yang berarti ada asekitar 429 Kabupaten dan Kota yang berada dalam zona merah, kuning dan oranye. Ini sebuah situasi yang sangat mengkuatirkan. Dan karenanya, pemerintah tetap mengatur agar tidak menciptakan klaster baru dalam penyebaran corona ini.

Nampaknya, walaupun tidak mudah menerapkan keputusan ini mengingat situasi penyebaran virus corona, tetapi pemerintah hendak meyakinkan masyarakat bahwa proses pendidikan di tanah air tidak boleh terganggu. Apalagi hendak mengubah tahun ajaran misalnya seperti yang banyak diperbincangkan public, karena kalau itu dilakukan akan mengganggu sistem pendidikan.

Penjelasan pemerintah ini disampaikan oleh Mendikbud secara terbuka melalui aplikasi conference meeting dan didampingi oleh sejumlah Menteri terkait, seperti Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, Mendagri, Menkom PMK dan Ketua Komisi X DPR RI.

Sehingga masyarakat bisa mempersiapkan putra dan putri nya memasuki jenjang pendidikan yang baru pada tahun ajaran 2020/2021.

Keputusan Ada di Orangtua Murid

Orangtua siswa menjadi kelompok yang paling kuatir ketika sekolah dibuka, terutama untuk zona hijau dengan adanya proses pembelajaran secara tatap muka, walaupun hanya 6% saja dari seluruh wilayah Indonesia yang diperkenankan oleh pemerintah.

Kebijakan yang diambilpun, keputusan terakhir ada di tangan setiap orangtua siswa. Artinya, apabila orangtua keberatan anaknya untuk mengikuti pelajaran secara tatap muka, walaupun zona hijau, diberikan toleransi untuk BDR saja.

Pelaksanaan pembelajaran dengan tatap muka dengan syarat-syarat : Kabupaten atau Kotamadya pada zona hijau, Pemda/Kanwil memberi izin, satuan pendidikan siap pembelajaran tatap muka, dan  orangtua Setuju dan bila orangtua tidak nyaman anak boleh tidak ikut tatap muka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan