Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Inilah 4 Menteri dengan Pernyataan Kontroversial dan Kadar Profesionalisme

23 Februari 2020   10:18 Diperbarui: 23 Februari 2020   16:34 4613 16 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 4 Menteri dengan Pernyataan Kontroversial dan Kadar Profesionalisme
Ministry of Education and Culture, Minister Muhadjir Effendy | Source: indonesiaexpat.biz

Walaupun Presiden Joko Widodo telah mengingatkan para pejabat dan para Menteri di dalam kabinetnya untuk berhati-hati mengeluarkan pernyataan karena akibatnya bisa menjadi "gaduh" di tengah-tengah masyarakat, namun sejumlah Menteri dan pejabat negara masih saja "doyan" dengan pernyataan yang tidak hati-hati.

Bahkan ada beberapa Menteri yang sudah menjadi langganan pernyataannya sering mengudang kontroversi. Sepertinya masih belum memahami bahwa mereka adalah pejabat publik yang harus super hati-hati untuk memilih kata dan kalimat yang disampaikan kepada publik.  

Apalagi ditengah-tengah suasana politik yang masih "panas" menuju Pilkada serentak tahun 2020 dan Pilpres 2024.

Artinya, setiap pernyataan para Menteri dan pejabat negara dan pemerintahan akan dikapitalisir oleh publik dengan agenda-agenda politik yang kental.

Situasi seperti ini akan sangat tidak produktif bagi negeri ini mewujudkan target pembangunan yang sudah ditetapkan. Seperti target pertumbuhan ekonomi, pengangguran, lapangan kerja dan sebagainya. 

Karena keterlibatan masyarakat akan menurun semangatnya ketika pernyataan-pernyataan yang tidak produktif, dan malah menuai kegaduhan saja.

Berikut saya mencatat ada 4 menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang menjadi kontroversi karena pernyataan-pernyataan mereka meluncur begitu saja tanpa kendali dan rem yang pakem.

Menpan RB: Pensiun Rp 1 Miliar bagi ASN

Laman detik.com memberitakan dengan judul "MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Usul ASN Dapat Dana Pensiun Rp 1 Miliar". Pernyataan yang akhirnya menuai kontroversi di tengah-tengah publik, hingga di ruang legislatif yang mempertanyakan gagasan dari Menpan RB ini.

https://news.detik.com/berita/d-4903176/menpan-rb-tjahjo-kumolo-usul-asn-dapat-dana-pensiun-rp-1-miliar?single=1
https://news.detik.com/berita/d-4903176/menpan-rb-tjahjo-kumolo-usul-asn-dapat-dana-pensiun-rp-1-miliar?single=1

"Kemarin kami sudah berkomunikasi dengan Ibu Menteri Keuangan soal bagaimana meningkatkan pensiun pegawai. Kita kemarin juga sudah mengundang BTN. BTN clear bisa menggaji dan kami juga sudah meminta begitu ASN pensiun minimal dapat Rp 1 miliar. Bisa dihitung dengan baik," kata Tjahjo di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN