Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Akankah Megawati Hadiri Rakernas Gerindra?

14 Agustus 2019   14:46 Diperbarui: 14 Agustus 2019   16:00 0 1 1 Mohon Tunggu...
Akankah Megawati Hadiri Rakernas Gerindra?
nasional.sindonews.com

Permainanan bola dari Gerindra masih belum usai. Setelah bola panas tentang "penumpang gelap" yang banyak orang bilang tidak gelap tetapi terang benderang, bola yang baru sudah dilempar, yaitu menunggu kehadiran Megawati untuk datang ke Hambalang, dalam rangka Rakernas Gerindra.

Bola penumpang gelap masih terus berputar dan menggelinding di kaki mantan koalisi Gerindra sendiri dengan narasi yang hampir sama, menunjuk permainan Gerindra untuk semakin dekat koalisi Jokowi melalui Megawati, Sang Ketua Umum yang baru PDIP.

Kendati ini baru rencana untuk mengundang Ketua Umum PDIP itu seperti yang di kemukakan oleh Andre Rosiade, Wakil Sekjen Gerindra, bahwa Gerindra akan mempersipakan penyambutan kedatangan Mega sebagai balasan atas sambutan yang diberikan kepada Prabowo di acara pembukaan Kongres ke-5 PDIP di Bali pada Kamis 8 Agustus 2019.

"Insya Allah kita akan mengundang Ibu Mega dan pimpinan parpol yang lain di Rakernas Gerindra. Silaturahmi politik antartokoh bangsa baik untuk memberikan kesejukan, keguyuban pada bangsa kita," kata Andre kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/8/2019), dilansir dari sindonews.com.

Menarik dicermati rencana Gerindra untuk menghadirkan Megawati dalam arena Rakernas Gerindra itu, sebagai bagian dari proses negosiasi politik pada level atas, sekaligus menjadi pembuktian sejumlah hipotesis yang terbangun di kalangan publik tentang arah dinamika politik di Indonesia pasca Pemilu 2019.

Apakah Megawati akan memenuhi undangan dari Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra  dalam Rakernas yang akan digelar pada akhir September 2019 yang akan datang?

Ada dua kemungkinan yaitu Megawati akan datang atau Mega tidak akan datang. Kedua kemungkinan ini pasti mempunyai pesan dan makna dalam percaturan politik di tanah air. Akan menjadi penentu arah dinamika interaksi politik diantara Partai Politik yang sedang "memperebutkan" berbagai peluang dan tentu saja kekuasaan untuk mengendalikan negeri ini.

Kalau Megawati Hadiri Rakerans Gerindra
Kemungkinan pertama adalah Mega akan hadir memenuhi undangan Gerindra dalam rangka pembukaan Rapat Kerja Nasional yang akan direncanakan di gelar di Hambalang. Kemungkinan ini pasti menjadi harapan dari Gerindra sendiri, dan publik yang selama ini memiliki hipotesis dengan agenda politik yang sedang dibangun oleh Megawati dengan Prabowo selama lima tahun kedepan.

Secara politik, memang agak sulit bagi Mega untuk tidak memenuhi undangan dari Prabowo agar hadir di arena Rakernas mereka. Karena selama dengan dua kali undangan dari Megawati sudah dipenuhi oleh Prabowo, dengan pro dan kontra, baik dari mantan koalisi Prabowo sendiri, maupun dalam lingkup koalisi pendukung Jokowi.

Ketika Megawati mengundang untuk pertama kali, Prabowo langsung menuju rumah kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar. Pertemuan yang dibalut dengan "politik nasi goreng ala Mega", mengundang pro dan kontra, terlebih pada saat yang sama, Ketua Umum Partai Nasedam juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Anies Baswedan. 

Sedemikian rupa, sehingga menimbulkan berbagai penafsiran politik tentang Gerindra akan bergabung dengan koalisi Jokowi, Prabowo menghendaki posisi Ketua MPR, bahkan hingga isu retaknya koalisi parpol pendukung Jokowi. Tapi, the show must go on, demikialah Prabowo dan Megawati seakan bercengkeraman dalam "pertenuan nostalgia".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2