Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Kenali 10 Bentuk Manipulasi Pasar dan Kejahatan di Bursa Efek agar Tidak Buntung

2 Agustus 2019   13:37 Diperbarui: 5 Agustus 2019   19:09 0 2 1 Mohon Tunggu...
Kenali 10 Bentuk Manipulasi Pasar dan Kejahatan di Bursa Efek agar Tidak Buntung
https://bianet.org/english/law/199930-market-fraud-statement-by-financial-crimes-investigation-board

Daya tarik untuk berinvestasi di pasar modal, khususnya di lantai Bursa Efek, masih sangat tinggi, bukan saja karena kemungkinan mendapatkan "capital gain" yang tinggi, tetapi juga karena waktunya bisa sangat cepat dalam setiap sesi perdagangan bila Anda memilih menjadi seorang trading.

Sudah banyak kisah orang yang sangat sukses dan berhasil menjadi kaya bahkan kaya raya dengan menekuni investasi di pasar modal. Dengan kejelian, ketelitian serta kehati-hatian yang tinggi maka peluang untuk mendulang untung besar sangat mungkin menjadi kenyataan.

Kecenderungan yang ada memperlihatkan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal semakin meningkat dari waktu ke waktu, terutama investor individual. Baik sebagai investor maupun sebagai trader.

Ini semua menjadi menjadi buah manis dari berbagai regulasi yang terus dikembangkan oleh pengelola bursa efek di Indonesia dibawah paying dan kendali OJK, Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Sehingga kesan bahwa berinvestasi di saham hanya orang kaya atau punya dana banyak. Tidak, sebab sekarang ada banyak kemudahan serta biaya yang murah untuk bisa menjadi pelaku di bursa efek Indonesia.

Dengan memiliki dana hanya 100.000 rupiah saja seseorang sudah bisa membuka akun atau rekening untuk menjadi pelaku di bursa efek, dan dengan dana yang sangat rendah sudah bisa melakukan transaksi beli atau jual.

Belum lagi dengan kemajuan teknologi informasi dan digital yang sangat cepat, sehingga investor sudah bisa melakukan transaksi jual beli saham hanya melalui smartphone atau gadget yang dimiliki, dimana saja dan kapan saja.

Sebagai seorang investor yang aktif melakukan transaksi beli da jual saham di bursa efek, harus memiliki pengetahuan, ketrampilan yang teruji agar tujuan berinvestasi bisa dicapai dengan baik. Nasehat bijak menyarankan agar tidak bermain-main investasi di bursa efek bila tidak memiliki pengetahuan yang memadai apalagi keterampilan yang baik. Kalau tidak, maka kerugian sedang menanti di ujung waktu, Anda akan menjadi buntung bukan untung.

Kejahatan di Bidang Pasar Modal

Mengenal berbagai bentuk kejahatan yang ada di dalam pasar modal menjadi keharusan bagi investor agar terhindar sebagai korban kejahatan orang lain. Juga akan membantu investor memiliki kepekaan yang tinggi tentang dinamika pasar modal yang menjadi arena mengadu peruntungan.

Kejahatan yang dikenal di lingkungan pasar modal tentu saja berbeda dengan kejahatan  pada umumnya.  Kejahatan di pasar modal bukan seperti mencuri, membunuh atau merampok, akan tetapi kejahatan yang terjadi sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dan semakin modernnya dunia digital nan dunia maya seperti yang dikenal dengan internet.

Harus dimengerti bahwa tindak pidana dalam arena pasar modal memiliki karakteristik yang khusus, seperti "barang" yang menjadi obyek tidak pidana adalah "informasi", mengandalkan kemampuan membaca situasi  pasar serta memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x