Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Nilai-nilai dan Percaya Diri, Role Model dan Inspirator

18 Juli 2019   07:58 Diperbarui: 18 Juli 2019   08:11 0 1 0 Mohon Tunggu...
Nilai-nilai dan  Percaya  Diri, Role Model dan Inspirator
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/2947992/cuma-anak-perempuan-yang-telah-ditinggal-ayah-yang-paham-hal-ini

Suatu malam dalam tidur mendadak tersadar, dan mengantar saya untuk berefleksi dan menghitung hari, ternyata bahwa karena saya lahir tahun 1941, selesai sekolah Asisten Apoteker, langsung bekerja di tahun 1963, hingga tahun ini 2019 berarti saya sudah aktif bekerja selama 56 tahun. Hmm, "sungguh bersyukur, Allah memberkati, meskipun 9 tahun lalu  sempat 'takut mati' karena terdiagnosa kanker prostat."

Self confidence atau Percaya Diri (PD) untuk diselamatkan berkat doa seorang sahabat sejak sekolah dengan memohon ampun kepada Tuhan atas segala "kenakalan" dan dosa-dosa saya selama menikmati masa muda.

PD sebenarnya sudah saya contoh sejak masa kecil dari ayah yang seorang Jawa asli mengikuti paham Kejawen  "Eling -- Sadar". Penuh perjuangan dengan optimisme menghadapi Perang Kemerdekaan berbarengan dengan Perang Dunia ke II tahun 1939 -- 1945.

Setelah itu harus menyelamatkan kang mas tertua karena ancaman "perang ideologi" adanya pemberontakan Muso. Ayah dan ibu pindah dari Jawa ke Makasar, disana juga menghadapi sebagian penduduk yang belum mengerti mengenai persatuan bangsa, ayah diculik kawanan Kahar Muzakar, namun dibebaskan oleh seorang bawahan ayah, seorang Bugis.

Role Model langsung saya lihat dan ikut merasakan adalah ayah penuh PD berjuang untuk menghidupi keluarganya dan mengabdi untuk perusahaan dimana dia bekerja. Menyesuaikan diri dengan budaya Makasar-Bugis yang adalah lain dari budaya Jawa.

Role Model bila dapat kita saksikan langsung jauh lebih meresap daripada Role Model yang dapat kita baca dari buku, dan di zaman Teknologi Informatika serta pemakaian gawai digital dapat diikuti dari tayangan TV, video dan alat digital lainnya.

TV dan media, secara luas beberapa waktu menyajikan Role Model Mahatir Muhammad sebagai PM Malaysia terpilih, dalam usia 93 tahun, sehat-walafiat, jernih pemikirannya. Role Model lainnya kita harusnya tahu (ditulis "harusnya", karena maaf, bangsa kita termasuk pembaca yang paling rendah di seluruh dunia, maka mungkin banyak generasi muda tidak tahu, karena tidak pernah membaca), yaitu antara lain Winston Churchill, Mohandas Gandhi, Mother Theresa, Nelson Mandela, Oprah Winfrey dan masih banyak nama-nama lain termasuk pahlawan -- pahlawan Indonesia.

Banyak orang menjadi Role Model bagi berjuta manusia lain ...

Banyak orang menjadi inspirator bagi orang lain...

Orang-orang yang menjadi terkenal ...

Orang-orang yang sadar diri siapa mereka sebenarnya ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x