Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Makna "Ewuh Pakewuh" Prabowo Ketika Bertemu Jokowi di MRT

14 Juli 2019   02:14 Diperbarui: 14 Juli 2019   13:17 0 8 3 Mohon Tunggu...
Makna "Ewuh Pakewuh" Prabowo Ketika Bertemu Jokowi di MRT
nasional.tempo.co

Setelah di nanti penuh penasaran, Prabowo dan Jokowi bertemu setelah hiruk pikuk sengketa hasil Pilpres 2019 yang sudah berjalan selama hampir setahun. Dan tempat bertemu kedua tokoh ini juga "heboh" karena diadakan di atas MRT dari Lebak Bulus ke Senayan. Ada banyak hal menarik untuk dimaknai, termasuk bahasa tubuh kedua tokoh ini.

Kata-kata di tengah ucapan Probowo ketika membalas sambutan Jokowi ketika pukul 10.15 wib tiba di stasiun MRT Senayan adalah bahwa ada "Ewuh Pakewuh" dari pihaknya untuk bertemu dengan Jokowi, disertai penjelasan lanjut "ada tata krama".

Kata-kata khas bahasa Jawa Inggil (bukan bahasa Jawa biasa yang dikenal sebagai bahasa "ngoko".

Kemudian Prabowo menyatakan bahwa perlu tatap muka. Inilah makna tata karma yang dimaksud oleh Prabowo.  Tatap muka merupakan komunikasi langsung, di mana komunikasi verbal dan non verbal dapat dilaksanakan yang merupakan komunikasi lengkap.

Makna "ewuh pakewuh" lebih menunjukkan perasaan beretika seorang Prabowo bahwa sesungguhnya "mau tidak mau - suka tidak suka -  perasaan sungkan, ada keinginan lebih, tidak cukup hanya melalui ucapan mulut."  

idntimes.com
idntimes.com
Di sini dapat dimengerti bagaimana "kuasa" media digital, komunikasi atau pembicaraan dari jarak jauh tetap ada kekurangannya.

Di sini dibuktikan bahwa komunikasi langsung tatap muka tetap diperlukan, karena itu dalam disrupsi era industri 4.0 sudah lama dipikirkan dan dijalankan bahwa untuk komunikasi jarak jauh dikerjakan melalui video conference; ada muka peserta konferensi atau perbincangan   dari kota lain yang sedang berkomunikasi dengan pihak lain di kota yang berjarak jauh dapat berkomunikasi.

Itu merupakan salah satu cara mengatasi disrupsi, namun tidak bisa dihindari paling baik adalah pertemuan tatap muka.

Dari gerak-gerik Jokowi maupun Prabowo dapat kita tarik juga makna komunikasi non verbal, yang sudah menjadi kebiasaan ke dua tokoh ini, dan tidak dapat diubah dengan berbagai pemaknaan tergantung budaya yang kita yakini.

Perhatikan gerak tangan Jokowi, ketika duduk berdampingan di dalam kereta  MRT, berkali-kali suka membuka tangannya kearah bawah badan.

rmolbanten.com
rmolbanten.com
Ada yang memaknai bahwa itu simbol Jokowi yang  orangnya sederhana, ingin menerima masukkan, memohon yang terbaik. Betul, sebuah kerendahan hati yang sesungguhnya merupakan kekuatan dari seorang Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia. Kekuasaan yang ada di tangannya, menjadi sangat powerful ketika memiliki kerendahan hati, bukan rendah diri apalagi merendahkan orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x