Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Inilah Peringatan Jusuf Kalla bagi Perguruan Tinggi

4 Mei 2019   21:48 Diperbarui: 5 Mei 2019   08:00 326 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Peringatan Jusuf Kalla bagi Perguruan Tinggi
nasional.kompas.com

"Apabila perguruan tinggi atau pendidikan tidak melihat ke depan, maka akan menjadi museum. Tentu kita tidak ingin menjadi musem" ~ Jusuf Kalla

Sebuah museum berisi dan hanya menceritakan tentang masa lalu dengan segala pernik-pernik perjuangan yang dilewati, tetapi perguruan tinggi yang jiwanya adalah aktifitas pendidikan, proses pembelajaran, berbicara tentang masa depan. Masa depan tidak ditemukan didalam museum, tetapi didalam lembaga pendidikan tinggi atau universitas.

Pesan yang disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menjadi keynote speaker dalam Seminar nasional dengan tema "Format Pendidikan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa" di Universitas Negeri Yogyakarta pada Sabtu 4 Mei 2019, merupakan peringatan yang sangat jelas dan penting bagi bangsa ini, khususnya bagi perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

Ada kecenderungan yang sangat kuat bahwa dunia perguruan tinggi di republik ini sedang asyik dengan dunianya sendiri tanpa terlalu serius meresponi dinamika perkembangan dan perubahan yang sedang dialami, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan Disrupsi Inovasi Teknologi yang sedang merangsek memasuki semua sendi-sendi kehidupan dan mengubah semua pola akftifitas manusia dijagad raya ini.

Peringatan yang dikemukan oleh Kalla sangat serius, sebab salah satu tugas utama lembaga perguruan tinggi itu adalah mendidik dan melatih mahasiswa agar menjadi sumberdaya yang memiliki semua kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI, dunia usaha dan dunia industri.

Persoalan yang muncul adalah ketika proses pendidikan yang dilakukan di dalam sebuah universitas tidak matching dengan DUDI maka lulusannya tidak dapat masuk dan diterima di dalam dunia pekerjaan yang dibutuhkan. Yang dibutuhkan oleh semua perusahaan adalah lulusan yang betul betul menjadi tenaga siap kerja dan bukan siap dilatih.

Kenyataan yang ada saat ini seperti itu, perusahaan masih harus melakukan pendidikan ekstra bagi calon-calon karyawannya agar bisa bekerja sesuai dengan kebutuhan.

Tradisi universitas yang hanya sekedar untuk memproduksi ijazah bagi setiap lulusannya harus diubah dengan segera. Sebab ijazah tidak mencerminkan kompetensi yang dimiliki seorang sarjana.

Apabila univerisitas tidak mampu mengubah tradisi ijazah ke kompetensi, maka peringatan yang ditegaskan oleh Kalla bisa saja menjadi kenyataan. Artinya lulusan-lulusan universitas tidak akan terpakai di dunia industry dan dunia usaha. Dan pada akhirnya perguruan tinggi akan menjadi museum saja.

Dalam narasi kuliah yang disampaikan oleh Wapres Jusuf Kalla tersebut, ada sejumlah poin kunci bagi setiap Perguruan Tinggi agar segera berbenah dan berubah, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x