Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Inilah 10 Skills Paling Laris Tahun 2019

15 April 2019   01:33 Diperbarui: 16 April 2019   16:58 0 8 3 Mohon Tunggu...
Inilah 10 Skills Paling Laris Tahun 2019
Ilustrasi: techstory.in

Hasil penelitian LinkedIn sebagai salah satu situs web jaringan sosial profesional menemukan ada 10 skills atau keterampilan yang paling banyak dicari tahun 2019 ini.

Seperti sudah difahami oleh publik bahwa jaringan sosial LinkedIn ini merupakan sosial media yang berorientasi bisnis yang didirikan sejak tahun 2003 di California dan telah memiliki puluhan juta pengguna yang betul-betul terdaftar, mencakup lebih dari 150 industi yang ada didunia, dan bahkan bidang ekonomi yang dikelompokkan berdasarkan jasa yang dikelola lebih dari 400 bidang.

Situs LinkedInd mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam pengembangan pengetahuan dan penerapan ilmu manajemen, secara khusus dibidang Human Resources Management. 

Bahkan dalam buku teks terbarunya, Proffesor Gary Dessler, Guru Besar Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia, memberikan address khusus tentang peran dari SosMed LinkedIn dalam mengelola sumber daya manusia didalam perusahaan.

Hasil penelitian yang dilakukan ini mencatat ada 10 Skills yang paling laris dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan dan industri di tahun 2019. 

Ke 10 keterampilan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu 5 Skills untuk Soft Skills dan 5 Skills untuk Hard Skills. Sekaligus menjelaskan bahwa sekitar 57% dari Senior CEO menegaskan bahwa Soft Skills jauh lebih penting ketimbang Hard Skills karaywan.

Berikut adalah 10 Skills yang dikemukakan oleh LinkedIn itu :

Ada lima jenis Soft- Skills :

  1. Creativity 
  2. Persuasion 
  3. Collaboration 
  4. Adapatability 
  5. Time Management 

Kreativitas. Menjelaskan pentingnya tentang sebuah  keaslian dan pemikiran kritis, yang sama sekali tidak dimiliki oleh yang namanya robot. Sebab, saat ini dan kedepan, robot menjadi ancaman serius bagi pencari kerja. Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot akan hilang dari tangan tenaga kerja. Namun kreatifitas tidak dimiliki oleh robot itu senditi.

Persuasi. Keterampilan persuasi menegaskan bahwa tidak peduli seberapa hebat pekerjaan yang dilakukan, Anda harus mampu dan perlu kemampuan untuk meyakinkan orang  agar mereka mau membeli produk Anda. Keterampilaan persuasi tidak bisa digantikan oleh mesin apapun, karena menyangkut personalitiy yang implementasinya ditentukan oleh situasi dan kondisi yang dihadapi.

Kolaborasi atau Kerjasama. Zaman sekarang tidak bisa lagi hanya mengadalkan diri sendiri tetapi harus berkolaborasi dengan orang lain, terutama dalam hal menghasilkan ide dan gagasan bisnis yang dibutuhkan oleh market. Demikian juga dalam mencapai tujuan atau target akhirnya, harus berkolaborasi dengan orang lain, bahkan dengan banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x