Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Dua Pertanyaan tentang "Goals" Anda dan Kekuatan Mewujudkannya

6 Januari 2019   17:30 Diperbarui: 10 Januari 2019   08:31 2348 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dua Pertanyaan tentang "Goals" Anda dan Kekuatan Mewujudkannya
Sumber: theglobeandmail.com

Pentingnya Tujuan

Artikel ini saya buat atas permintaan sejumlah sahabat atas sebuah status saya di laman sosial media saya.

Dalam sebuah status sosial saya di awal tahun 2019, menegaskan bahwa "kata kunci untuk memulai menjalani tahun 2019, selama 12 bulan, dari bulan Januari hingga 31 Desember adalah Anda harus memiliki tujuan". 

Tanpa tujuan yang jelas, terang benderang maka dipastikan perjalanan hidup Anda tidak akan jelas, bahkan bisa kabur sama sekali. Arah dan juntrungannya tidak jelas. Ke mana angin berembus akan diikuti. Hidup yang plin-plan karena tidak pernah tahu arah yang dituju ke mana dan apakah sudah sampai atau belum.

Sungguh sangat jelas bahwa menjalani hidup yang benar dan bisa dipertanggung jawabkan ialah apabila memiliki TUJUAN yang jelas dan tegas, terukur, teramati, sesuai waktu yang tersedia dan realistis dalam arti memiliki sumber daya dan kemampuan serta ketrampilan melakukannya.

Tanpa itu semua, maka sangat mungkin seseorang akan menjalani selama tahun 2019 berlalu dengan sia-sia belaka. Ini sudah menjadi hukum yang berlaku secara universial, sehingga tidak terbantahkan sama sekali, karena sudah terbukti dalam kenyataannya.

Tapi coba tanyakan kepada orang disekitaran Anda, di rumah misalnya, atau di tempat kerja, atau kepada teman-teman dekat Anda. Apakah mereka mempunyai tujuan hidup yang jelas tahun 2019? 

Hasilnya Anda akan terheran-heran bahwa tidak sampai 10% yang memberikan jawaban yang memuaskan Anda, sementara sisanya 90%, tidak memiliki tujuan hidup yang jelas, kalaupun ada, tetapi ragu-ragu. Sebagian besarnya menjalankan hidupnya sebagai rutinitas belaka.

Ini menjadi menarik, sebab kalau ini benar-benar fakta, maka bisa dibayangkan selama setahun orang-orang yang tidak memiliki tujuan hidup yang jelas tidak mempunyai target, ukuran keberhasilan, penggunaan waktu yang sia-sia, tenaga dan pengetahuannya tidak fokus pada apa yang hendak dikerjakan, dan segalanya akan membosankan dan tentu mengecewakan.

Tujuan itu apa?

Tujuan adalah sesuatu yang hendak dicapai dan diwujudkan oleh seseorang dengan menggunakan semua sumber daya yang dimiliki baik itu tenaga, waktu, uang, pengetahuan, ketrampilan dan teknologi agar hidupnya menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x