Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

3 Metode Menghadapi Ketidakpastian

25 September 2018   20:13 Diperbarui: 26 September 2018   05:57 0 3 1 Mohon Tunggu...
3 Metode Menghadapi Ketidakpastian
sumber gambar: yourpresenceheals.com

Ketidakpastian dalam Hidup

Sesungguhnya permasalahan kehidupan itu adalah tentang ketidakpastian. Karena semua hal dalam hidup selalu tidak pasti maka setiap orang pasti berkutat dan bergumul dengan ketidakpastian itu sendiri. Semakin tinggi dan berat ketidakpastian yang dihadapi maka semakin besar pula masalah yang dihadapi. Dan berbagai usaha akan dilakukan untuk mengatasi ketidakpastian itu.

Suka atau tidak suka, nampaknya tidak ada hal yang pasti dalam kehidupan, karena semua hal selalu berada dalam ketidakpastian itu sendiri. Mengelola ketidakpastian berarti mengelola kehidupan. Kualitas hidup Anda akan sangat tergantung dari bagaimana cara Anda mengelola ketidakpastian itu sendiri.

Satu hal harus disadari dan difahami dengan benar yaitu bahwa hakekat kehidupan didunia ini adalah ketidakpastian itu sendiri. Segala hal yang diinginkan, ditargetkan , dilaksanakan selalu berada dalam ketidakpastian. 

Oleh karenanya, maka seseorang yang tidak mencapai targetnya, tidak terwujud mimpinya, atau tujuannya melenceng dari yang diinginkan sesungguhnya sesuatu yang wajar dan lumrah adanya. Orang tidak perlu merasa dunia ini runtuh apalagi kiamat apabila keinginannya tak terwujud. Karena semuanya berada dalam ketidakpastian.

Sikap yang benar terhadap ketidakpastian akan menjadi instrument yang baik untuk bisa menikmati perjalanan hidup yang berada dalam ketidakpastian. Ini tidaklah mudah, karena dalam kenyataan, banyak orang menderita dan tersiksa sepanjang hidupnya karena ketidakmampuannya mensikapi dan mengelola ketidakpastian yang dihdapi itu.

Orang yang sukses mengelelola ketidakpastian, umumnya menemukan pola atau acara bahkan metode  yang ampuh dan efektif untuk tidak terjebak dalam situasi ketidakpastian yang dihadapi.

Berdasarkan pengalaman maka paling tidak ada tiga metode sederhana yang bisa dilakukan untuk mengelola ketidakpastian dalam hidup. Tujuannya agar hidup yang dijalani tidak sia-sia, tetapi memberikan bobot makna yang mendalam, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Jadi, jika saat ini Anda menghadapi ketidakpastian, jangan khawatir. Ketidakpastian dapat dikelola dengan mengambil pendekatan yang tepat.

1. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan jangan khawatir tentang yang lain

 Pesan kunci dlam metode pertama ini adalah,bahwa Anda disarankan agar fokuskan pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan sembari mengabaikan yang tidak bisa Anda kendalikan.

Dalam setiap situasi yang  dihadapi, selalu ada faktor yang dapat Anda kendalikan dan faktor-faktor yang tidak dapat Anda kendalikan. Faktor apa yang dapat Anda kendalikan, fokus pada faktor ini. Apa saja faktor yang tidak dapat Anda kendalikan? Lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk mempengaruhi mereka, tetapi jangan terobsesi dengan mereka kalau terpaksa tinggalkan dan lupakan saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4