Yunus M.
Yunus M. An engineering student • Volunteer • Activist • Content creator

💡 An engineering student • Volunteer • Activist • Content creator 📩 yunusmoham@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Semangat Kita, Semangat Indonesia

25 Desember 2017   23:39 Diperbarui: 27 Desember 2017   17:55 3927 1 0
Semangat Kita, Semangat Indonesia
gettyimages.com

Bentangkanlah,

Bentangkanlah sayapmu wahai Garuda

Lihatlah di sekelilingmu, ada kami membawa cinta

Jiwa yang menyala ini, berkobar karena mu

Kami berdiri,

Kami berlari,

Demi satu nama penuh cinta

Indonesia

*********

Kembali kugoreskan pena untuk merangkai tulisan luar biasa. Tulisan yang aku ingin semua orang membacanya, agar dunia tahu betapa bangganya diriku menjadi bagian Indonesia. Melalui tulisan ini pula aku ingin menularkan rasa bangga, optimis dan semangat kepada seluruh bangsa Indonesia khususnya generasi muda sepertiku. Indonesia, inilah surat cintaku untuk mu.

Untuk kedua kalinya Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sungguh kabar baik yang membuat hatiku bergetar sekaligus merinding. Mungkin bukan aku saja tapi orang-orang se-Nusantara merasakan hal yang sama. Bayangkan betapa banyak permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini, namun Indonesia tetap mampu menunjukkan taringnya kepada dunia. 

Seakan membuktikan eksistensinya sebagai negara yang hebat. Inilah kesempatan emas bagi Indonesia untuk membuka mata dunia, bahwa kita bukan hanya sebagai penikmat, kita bukan hanya bersorak dan bertepuk tangan, tetapi kita adalah "rumah" untuk bangsa-bangsa dunia.

 Suatu amanah sekaligus tantangan bagi Indonesia untuk menunjukkan yang terbaik, tapi yakinlah dengan kerja keras, semangat dan optimisme akan terwujud rumah Asian Games yang penuh kesan dan sejarah. 

Seperti yang pernah disampaikan oleh Bung Karno saat pidato HUT Proklamasi tahun 1963, "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."Ucapan Bung Karno tersebut menjadi cambuk bagi kita untuk selalu percaya akan potensi bangsa kita, sebab kita bangsa yang besar.

Untuk seluruh atlet kebanggan Indonesia, kalianlah para duta kami yang mewakili lebih dari 225 juta penduduk Indonesia. Perjuangan kalian akan beriringan dengan do'a kami. Sebarkanlah nilai-nilai persahabatan melalui pesta olahraga ini, karena sejatinya Asian Games adalah moment mengukir persahabatan dan perdamaian dunia. 

Tunjukkan karakter bangsa kita yang mencintai rasa perdamaian. Meskipun aku bukan seorang atlet, tapi bisa kurasakan perjuangan membawa nama Indonesia bukanlah perkara mudah. Tantangan dan tekanan mungkin selalu mengiringi kalian, namun inilah panggilan Indonesia untuk kalian pemuda-pemudi pilihan. 

Ingatlah hai atlet Indonesia bahwa kalian tidaklah sendiri, kami mengiringi kalian. Sekali lagi "Bentangkanlah sayapmu wahai Garuda, lihatlah disekelilingmu ada kami membawa cinta. Kami akan menjadi bagian dari sayapmu."

Untuk seluruh rakyat Indonesia, mari kita bersatu menebar citra baik Indonesia dalam Asian Games 2018. Jutaan mata akan tertuju pada negeri kita dan inilah ajang pembuktian kepada dunia tentang siapa kita dan bagaimana kekuatan kita. Aku berharap momentum ini menjadi sejarah yang akan menginspirasi banyak generasi muda untuk melanjutkan estafet perjuangan para atlet Indonesia saat ini.

Inilah sepucuk surat cintaku untuk membela Indonesia. Surat sederhana yang mewakili rasa banggaku terhadap Indonesia.

Indonesia-ku pasti bisa!