Mohon tunggu...
Bachtiar Yunizel
Bachtiar Yunizel Mohon Tunggu... Administrasi - Sales Communication Coach

Founder Citra Reksa Tama Education & Business Event, Sales Communication Coach, Trainer lapangan para penjual Sang pembelajar menulis sejak 1993

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Temukan "Data Base"-mu, Jalan Sukses dalam Menjual

31 Juli 2021   06:56 Diperbarui: 31 Juli 2021   07:21 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lingkaran keluarga adalah bagian dari calon data base Anda, dokpri

Menghadapi sejumlah peserta pelatihan Menjual efektif bagi penjual penjual yang dianggap unperfomed atau  yang dianggap berkinerja tidak terlalu  baik, seringkali ditemukan kesamaan fenomena. Fenomena tersebut adalah "miskin" nya mereka dengan data base yang menyebabkan aktivitas menjual mereka berjalan tidak optimal. 

Hubungan aktivitas menjual dengan data base, seringkali di dalihkan mereka seperti hubungan telur dengan ayam. Bagaimana data base ada kalau tidak ada aktivitas. Bagaimana ada aktivitas kalau tidak ada data base. 

Wah...wah... wah, kalau sudah begini, gimana nih...

Pastinya, data base itu ada tidak mungkin datang sendiri. Difinisi data base yang sebenarnya adalah orang yang sudah pernah mendapatkan presentasi ringkas dari produk Anda. Nah bagaimana mendapatkan data base seperti ini. Ada banyak cara sebenarnya. Diantaranya adalah :

1. Canvasing. 

Methode canvasing adalah methode yang paling mudah di lakukan. Anda cukup mendatangi sejumlah orang dan sampaikan feature produk yang paling bermanfaat buat mereka. Selanjutnya Anda tinggal sempurnakan interaksi nya. Jika ada yang menolak, segera tinggalkan dan temukan prospek lainya. 

2. IMF

Kelompok kedua ini maksudnya adalah "Ibu, Mertua, Famili". Yah...lingkar keluarga Anda dari yang terdekat sampai yang terjauh kekerabatannya. Dari tetangga sampai alumni termasuk semua yang ada di WA group Anda. Mereka ini bisa Anda hubungi melalui Wa dengan pesan pribadi atau akan lebih baik Anda datangi langsung. 

Bagaimana komunikasinya, sama saja. Sampaikan feature produk Anda yang paling bermanfaat untuk mereka

3. Siapa saja yang berhubungan dengan Anda

Anda pasti berhubungan dengan banyak orang setiap hari. Ketika Anda membeli peralatan pancing misanya, pemilik/penjaga toko  pancing adalah orang yang juga Anda bisa jelaskan manfaat produk Anda kepada mereka

Nah, langkah selanjutnya adalah Anda coba dan praktekkan...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun