Mohon tunggu...
Yunitha Maharani
Yunitha Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi biasa

Seseorang yang introvert didunia nyata namun ekstrovert di dunia virtual.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Sering Merasa Insecure? Ini Tips untuk Mengatasinya!

1 Desember 2021   16:40 Diperbarui: 1 Desember 2021   16:44 164 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kamu yang lagi membaca artikel ini pasti pernah merasakan yang namanya insecure bukan? Entah itu insecure akan kondisi ekonomi/sosial keluarga, insecure terhadap potensi atau kemampuan diri, atau insecure terhadap penampilan/citra diri. 

Terutama bagi para wanita, paling sering merasa insecure terhadap penampilan mereka, bener kan? Nggak apa-apa, lagipula insecure adalah sebuah hal yang normal normal saja jika masih dalam taraf wajar. Namun perasaan insecure bisa berlangsung terus-menerus dan bertahan lama, loh. 

Nah maka dari itu kita tidak boleh berlarut-larut dalam perasaan tersebut dan harus tau cara mengatasinya. Bagaimana caranya? Eits, sebelum langsung mengetahui tips untuk mengatasi rasa insecure, yuk kita kenalan dulu sama apa sih itu Insecure!

Apa Itu Insecure?

Jadi, Insecure atau insecurity menurut Asta (2019) artinya adalah tindakan dari adanya emosi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Insecure juga dapat diartikan sebagai perasaan dimana seseorang selalu merasakan cemas, gelisah, malu, takut, merasa tidak aman dan nyaman, tidak menerima dirinya secara tulus serta tidak merasa percaya diri.

Ada beberapa penyebab insecure yaitu seperti traumatis, pernah mendapat kegagalan/penolakan dan penilaian buruk dari orang lain, kondisi sosial, tidak percaya akan potensi dirinya, serta sampai ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita. 

Mereka pasti akan berpikir, aku bisa nggak ya melakukan nya?, gimana kalau jawaban yang ku jawab salah, dan semua pikiran-pikiran negatif lainnya. Mereka akan menilai dirinya sendiri rendah dari orang lain dan tidak percaya diri.

Memandang diri sendiri lebih rendah daripada orang lain, perfeksionisme, menghindari interaksi sosial dan tidak ingin keluar dari zona nyaman adalah beberapa gejala ketika mengalami insecure. Dari gejala tersebut dapat disimpulkan bahwa insecure itu bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan fisik dan mental kamu. 

Selain itu juga, hubungan kamu dengan orang di sekitar kamu, seperti dengan teman sekelas atau tetangga misalnya, juga dapat terganggu. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada aktivitas sehari-hari dan pekerjaan yang kamu lakukan tiap harinya. 

Maka dari itu kita harus mengetahui cara untuk mengatasi rasa insecure dalam diri kita. Sehingga kita tidak perlu takut perasaan tersebut akan terus menerus menggerogoti pikiran.

Tips-Tips untuk Mengatasi Rasa Insecure

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan