Mohon tunggu...
Yunita Herawati
Yunita Herawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru SD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3 melalui GLS Pojok Baca Lentera Kelas, Pengelolaan Program Berdampak pada Murid

5 November 2021   02:06 Diperbarui: 5 November 2021   02:09 3449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program  Budaya Positif GLS Pojok Baca Lentera Kelas di SDN 1 Pesawahan

Sebagai Pengelolaan Program Berdampak Pada Murid

Oleh : Yunita Herawati, S.Pd.

CGP Angkatan 2 Kota Bandar Lampung

Latar Belakang Aksi Nyata Modul 3 Program Yang Berdampak Pada Murid

Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Murid Melalui Budaya Posotif GLS Pojok Baca Lentera Kelas di SDN 1 Pesawahan

Dalam kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) di SDN 1 Pesawahan, kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya mendukung proses pembelajaran  aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan bagi murid. Hal ini membuat lingkungan kelas kelas 4A SDN 1 Pesawahan belum bisa bertumbuh dan berpusat pada murid. Oleh karena itu membutuhkan sentuhan dari murid selaku modal manusia untuk mengelola lingkungan kelas sebagai aset fisik . Diharapkan hal tersebut dapat mewujudkan  kondisi kelas menyenangkan seperti pengelolaan ruang kelas, pemasangan kesepakatan kelas diawal tahun ajaran baru, pembuatan pojok-pojok baca di ruang-ruang kelas sebagai bahan literasi dan pengelolaan kepemimpinan murid dalam literasi membaca di kelas. Program kepemimpinan murid yang ada di kelas 4A SDN 1 Pesawahan di bidang literasi diharapkan sesuai kondisi yang ada serta diharapkan keaktifan murid kelas 4A SDN 1 Pesawahan dalam kegiatan budaya positif  berliterasi dengan salah satunya mengaktifkan kembali kegiatan literasi di pojok baca.

Program Literasi Pojok Baca Lentera Kelas sebagai program literat di SDN 1 Pesawahan adalah salah satu pengelolaan program yang berdampak pada murid  Dengan pembentukan tim literasi kelas 4A SDN 1 Pesawahan , semua murid dibantu para guru bisa belajar mengorganisir kegiatan terkait literasi berdiferensiasi di kelasnya masing-masing. Diawali dengan pengelompokan jenis bahan bacaan oleh tim pelaksana kegiatan kemudian  kedepannya diharapkan dengan evaluasi dan umpan balik kegiatan ini akan terus dikembangkan. Program ini diharapkan menjadi program yang berkelanjutan  di SDN 1 Pesawahan.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Tujuan Program Budaya Posotif GLS Pojok Baca Lentera Kelas di SDN 1 Pesawahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun