Mohon tunggu...
Yunita Herawati
Yunita Herawati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru SD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Minggu ke-3 Program Guru Penggerak

26 Oktober 2021   10:05 Diperbarui: 26 Oktober 2021   10:19 1646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Minggu Ketiga

Salam Guru Penggerak Indonesia! 

Saya Yunita Herawati, S.Pd.

CGP Angkatan 2

Kota Bandar Lampung

Pada minggu ketiga tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERRDEKA, Aksi Nyata memberikan ruang bagi saya menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul sebagai proses pengembangan profesionalisme berkelanjutan, sebagai kesatuan antara proses pembelajaran dan implementasi. 

Dengan demikian, aksi nyata dijalankan secara terus menerus Aksi Nyata saya merupakan perwujudan dari perubahan konkret dalam proses pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD dan konteks sosial dan budaya di kelas dan sekolah tempat saya mengajar

Perasaan saya selama melakukan perubahan di kelas terasa perbedaan yang signifikan saat menerapkan tahap demi tahap pembelajaran yang di dukung dengan media yang saya gunakan sesuai materi dan tujuan pembelajaran.

Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan yang saya alami adalah beberapa alur langkah pembelajarn yang didukung penggunaan media yang bervariasi untuk mendukung pembelajarn daring agar tidak membosankan. Misalnya menggunakan alat peraga yang saya buat secara sederhana tapi konteksnya dapat digunakan benda di sekitar siswa juga media video pembelajaran yang dapat menarik motivasi belajar siswa.

Pembelajaran dan pengalaman yang saya dapat sejauh ini sangat menunjang dan menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara membuat pembelajaran yang menyenangkan agar siswa termotivasi dalam belajar pada masa pandemi covid-19 ini.

Dalam video yang saya buat pada Aksi Nyata saya mencantumkan satu testimoni siswa kelas 4 selama pembelajaran BDR PJJ Daring luring masa pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun