Mohon tunggu...
Yunitaenggar
Yunitaenggar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa bimbingan dan konseling

Saya adalah seorang mahasiswa bimbingan dan konseling, menyukai hal-hal tentang psikologi, suka membaca buku fiksi dan motivasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resensi Buku "Kupas Tuntas Bimbingan Kelompok"

1 Desember 2022   11:05 Diperbarui: 1 Desember 2022   11:05 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kupas Tuntas Bimbingan Kelompok


Judul Buku                              : Bimbingan Kelompok

Nama Penulis                        : Suci Prasasti, S.Pd, Kons, Sapto Irawan, S.Pd., M.Pd, Dra. Nestri Anconowati

Jumlah Halaman                  : 92 Halaman

Penerbit & Thn Terbit        : Satya Wacana University Press / 2020

Buku dengan judul Bimbingan Kelompok ini sangat fungsional bagi siapa saja yang ingin mempelajari atau bekerja dan berhubungan langsung dengan bidang bimbingan dan konseling seperti pendidik, guru BK, Dosen, atau mahasiswa. Buku ini dapat menambah wawasan atau pengetahuan pembaca mengenai bimbingan kelompok, dapat dijadikan acuan dalam menyusun atau melaksanakan bimbingan kelompok, membantu pembaca memahami konsep, proses, dan hal-hal yang berhubungan dengan bimbingan kelompok.

Buku ini membahas tentang bimbingan kelompok secara menyeluruh namun ringkas yang dibagi dalam VII Bab. Bab I membahas tentang Konsep Dasar Kelompok dan Dinamika Kelompok, Bab II membahas tentang Proses, Problem, dan Keterampilan dalam Penanganan Kelompok, Bab III membahas tentang Konsep Dasar Bimbingan kelompok, Bab IV membahas tentang Kedudukan Bimbingan Kelompok, Bab V membahas tentang Prosedur Bimbingan Kelompok, Bab VI membahas tentang Aktivitas Bimbingan Kelompok, dan terakhir Bab VII membahas tentang Pelatihan Life Skill:Pengembangan Bimbingan Kelompok. Ketujuh bab tersebut dikupas secara rinci dalam satu buku setebal 92 halaman.  

            Bagian paling menarik dari buku ini adalah ketika mengupas beberapa kesalahpahaman dalam bimbingan kelompok, salah satunya pada halaman 43 poin nomor 4  Bimbingan Kelompok Membahas Masalah yang Sama, terdapat beberapa kalimat yang menurut saya menarik dan saya rangkum yaitu “masalah yang benar-benar sama yang dialami dua orang individu pada dasarnya tidak pernah ada, setiap masalah adalah unik dan harus didekati dari segi keunikannya, penyamarataan masalah yang dialami setiap individu tidaklah selaras dengan orientasi keunikan individual dalam pelayanan bimbingan dan konseling” kalimat ini menyadarkan kita bahwa setiap individu adalah unik begitu juga masalahnya tidak bisa di samakan. Namun kedudukan bimbingan kelompok jika ditinjau dari penanganan kasus kelompok masih saja meganggap bahwa sekelompok siswa memiliki masalah yang sama, masih mempersamakan masalah yang dialami siswa satu dengan siswa yang yang lainnya. Padahal Hal yang paling mendasar adalah seberapa jauh dinamika kelompok dapat dikembangkan dan dikendalikan dalam kegiatan bimbingan kelompok tersebut, apakah  dapat mengurangi permasalahan yang dialami individu atau tidak. Bisa jadi kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan sama halnya dengan pengajaran atau bisa disebut “layanan informasi”.

            Bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa baku yang sesuai dengan EYD, penyusunan kalimat mudah dipahami walaupun ada beberapa penulisan kata yang typo tetapi masih bisa terbaca, dalam beberapa pengertian juga bersumber dari kutipan dalam bahasa inggris dan dilengkapi dengan terjemahannya.

Kelebihan dari buku ini adalah mengupas bimbingan kelompok secara menyeluruh dari berbagai aspek tetapi disajikan secara ringkas sehingga pembaca dapat mengerti isi dari setiap sub bab dengan baik karena kalimatnya tidak bertele-tele. Selain itu pembahasan dalam buku ini didukung dengan teori-teori dan pendapat ahli sehingga isi dari buku ini dapat dijamin keakuratannya. Pembahasan dalam buku ini juga dilengkapi dengan bagan-bagan untuk menjelaskan suatu proses kejadian seperti misalnya proses dinamika kelompok. Selain itu juga terdapat tabel-tabel pengelompokkan hal ini menjadi penting untuk mempermudah pembaca memahami atau mengingat konsep, proses, dan perbedaan dalam bimbingan kelompok secara singkat padat dan jelas, bahasa yang digunakan pun mudah dimengerti. Buku ini juga melampirkan contoh format Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan kelompok dan Laporan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok yang akan sangat membantu pembaca khusunya jika ingin membuat RPL bimbingan kelompok karena format yang dilampirkan sangat jelas dari logo sampai bagian tanda tangan. Cover dari buku ini cukup menarik dengan perpaduan warna yang pas, gambar dari cover buku ini juga sesuai dan dapat menggambarkan judul buku.

Sedangkan kekurangan dari buku ini adalah tampilan isi buku yang kurang menarik hanya berupa tulisan saja, akan lebih menarik lagi jika ditambahkan beberapa gambar untuk membantu pembaca menggambarkan maksud dari isi buku misalnya pada bagian teknik-teknik bimbingan kelompok yang mencakup permainan. Terdapat beberapa bagian dalam buku yang warnanya tercetak kurang jelas atau samar-samar, meskipun begitu setiap kalimat dalam buku ini masih bisa terbaca dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun