Mohon tunggu...
KKN 52
KKN 52 Mohon Tunggu... Jakarta, Indonesia

Berisi tentang dokumentasi kegiatan kelompok KKN 52

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan KKN 52 UBL Dalam Membangun UMKM di Era Digital Marketing

1 Maret 2021   22:35 Diperbarui: 3 Maret 2021   09:02 129 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan KKN 52 UBL Dalam Membangun UMKM di Era Digital Marketing
Acara Pembukaan KKN 52 di Parigi Baru/Dokpri

Jakarta, 1 Maret 2021

Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih sering disebut dengan singkatan KKN adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan ini tentu saja bukanlah tanpa alasan. Karena sebaik-baiknya ilmu adalah yang bermanfaat bagi sesama oleh karena itu mahasiswa diharapkan dapat menerapkan sebagian ilmunya untuk bersumbangsih di masyarakat sekitar. Namun, karena situasi saat ini yang sedang dilanda oleh pandemi, prosedur KKN kali ini sedikit berbeda sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

Pada kegiatan KKN kali ini, kami dari tim KKN Kelompok 52 dari Universitas Budi Luhur ini memilih tema kegiatan program yang berhubungan dengan digital marketing.Tema ini dipilih karena kami menyadari betapa sulitnya kondisi ekonomi semenjak pandemi melanda, terutama banyaknya UMKM kecil yang terdampak akibat adanya pandemi ini. Salah satu UMKM yang menjadi target mitra KKN kami adalah Warung Bakso Madun.

Pembukaan acara KKN kami di lakukan di Rt 04/05, bertempat di Warung Bakso Bang Madun dan di hadiri oleh Ketua RT 04, Ketua RW 05, Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Syahrul Awal dan Lurah Perigi Baru, Bapak Wahyu. Acara dimulai pada pagi hari pukul 09.00 - 11.00 WIB.

Dalam acara ini, Ketua kelompok dari KKN 52, yaitu Gerri menyampaikan rasa terimakasih karena sudah diizinkan untuk menjalankan kegiatan KKN di Kelurahan Perigi Baru ini, Pak Wahyu selaku lurah setempat berpesan agar para mahasiswa dapat membantu UMKM di Kelurahan Perigi Baru ditengah pandemi Covid-19. Pak RW 05 juga berharap para mahasiswa dapat membantu UMKM Kelurahan Perigi Baru sehingga dapat mencegah redupnya UMKM setempat, sebab UMKM di Kelurahan Perigi Baru telah banyak yang mati dari tahun 1980. Selain itu dosen pembimbing lapangan, Syahrul Awal, mengatakan melihat kondisi lapangan dari Kelurahan Perigi Baru, program kerja dari kelompok KKN 52 ini menyesuaikan keadaan di masyarakat.

Pada acara pembukaan kkn kelompok 52 ini, Pak Lurah dari kelurahan Parigi Baru, yaitu Pak Wahyu mengatakan bahwa masih ada kesulitan dalam mengolah data yang di dapat dari masyarakat, seperti untuk membuat SKCK, SKTM, dan surat menyurat lainnya, data yang diperoleh, masih harus di cari dan dipilih lagi.

Oleh sebab itu, dari kelompok kkn 52 universitas Budi Luhur membantu mempermudah pekerjaan di kelurahan Parigi Baru, dengan membuat mailinglist, dan memisahkan data yang tertera agar dapat mudah di pilih untuk di gunakan seperti membuat SKCK, SKTM, atau surat menyurat lainnya, yang di gunakan oleh para karyawan dari kelurahan Parigi Baru. (Selasa 19, Januari 2021)

Kegiatan membantu kelurahan setempat dalam membuat mailing list/dokpri
Kegiatan membantu kelurahan setempat dalam membuat mailing list/dokpri

Kegiatan selanjutnya, (19 Januari 2021) yang kami lakukan adalah membuat desain logo dan brosur untuk warung bakso Bang Madun. Nantinya, brosur tersebut akan dibagikan ke warga sekitar sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan warung bakso tersebut. Warna biru dipilih sebagai warna latar agar selaras dengan warna dari gerobak warung bakso bang Madun.

Proses desain brosur dan logo/dokpri
Proses desain brosur dan logo/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x