Mohon tunggu...
Yunita nury
Yunita nury Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Matematika

Seorang Individu yang terus berusaha menjadi lebih baik dan bermanfaat setiap harinya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Model-model Pondok Pesantren

4 Juni 2020   00:42 Diperbarui: 4 Juni 2020   00:35 10 1 1 Mohon Tunggu...

Tipologi Pondok Pesantren

Assalamualaikum warohmatulahhi wabarokatuh

Hai para pembaca dan pencari ilmu,

Setelah kemaren kita membahas tentang "Relevansi Karakteristik Kepesantrenan" maka minggu ini kita akan bahas tentang hal yang lebih menarik lagi tentang "Model-Model Pondok Pesantren (Tipologi Pondok Pesantren)"

Semoga artikel ini menjadi bermanfaart, selamat membaca...

 

Ada 3 point yang akan dibahas

1 Pesantren salfiah atau tradisional

Pesantren salaf atau salafiah adalah sebutan bagi pondok pesantren yang mengkaj kitab-kitab kuning atau kitab-kitab kuno. Pesantren salafiah merupakan pesantren yang tetap pelajaran dengan kitab-kitab klasik tanpa diberikan pelajaran tambahan seperti pengetahuan umum. Pesantren salaf ini identik dengan nuansa tradisional yang berbeda dengan pesantren modern dalam hal metode pengajaran dan sarana prasarana. Di pesantren ini kyai terjun langsung dalam segala hal. Kata salaf berasal dari bahasa arab yang berarti dulu atau yang sudah lewat. Kata salaf menurut istilah berkonotasi pada sebuah pesantren yang menganun system wetonan, bedonan, sorogan. Saat ini pesantren salaf bermankna mengajarkan murni ilmu agama dengan system tradisional maupun klasikal atau jenjang kelas yang umum disebut madrasah diniyah. Pesantren salaf yang memiliki santri banyak menganut dua system seperti sorogan dan wetonan sekaligus klasikal.

a. Kegiatan yang dilakukan oleh pondok pesantren ini seperti mengaji kitab kuning, pasaran di bulan Ramadan, melakukan shalat jamaah, maulidan, kerja bakti di lingkungan pesantren. Dalam proses belajar mengajar di pondok ini dibagi menjadi 2 macam :

b. System wetonan adalah kyai membaca kitan dan santri membawa kitab yang sama serta santri mendengarkan dan menyimak bacaan kyai dan system penbelajaran ini tidak ada absensi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x