Mohon tunggu...
Yunita nury
Yunita nury Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Matematika

Seorang Individu yang terus berusaha menjadi lebih baik dan bermanfaat setiap harinya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Islam Nusantara dalam Membina Moral Bangsa

8 Mei 2020   17:26 Diperbarui: 8 Mei 2020   17:46 6 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warohmatulahhi wabarokatuh

Hai para pembaca dan pencari ilmu,

Setelah kemaren kita membahas tentang "Respon Islam Nusantara Tehadap Pancasila" maka minggu ini kita akan bahas tentang hal yang lebih menarik lagi tentang "Peran Islam Nusantara Dalam Membina Moral Bangsa"

Semoga artikel ini menjadi bermanfaart, selamat membaca...

  • Pengertian NKRI

NKRI adalah singkatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diatur di UUD 1945 pasal 1 ayat 1 merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini juga sudah ditetapkan dalam pasal 18 UUD 1945 pasal 1 yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas daerah-daerah provinsi, dan daerah-daerah provinsi sudah terbagi atas daerah kota/kabupaten, yang masing-masing kota/kabupaten dan provinsi memiliki pemerintahan daerah yang diatur dalam UUD 1945.

Dari sinilah bisa dipaparkan bahwa Indonesia beraneka ragam dari sabang-merauke yang berbentuk kepeluan dengan wilayah yang sangat luas. Hal ini bisa menjadikan Indonesia bersatu dengan keanekaragaman yang beragam dan membuat negara ini menjadi lebih berkembang

  • Moralitas NKRI

Moralitas berasal dari kata moral yang berarti akhlak, sikap, dan perbuatan. Moral dengan istilah yang memanusiakan manusia dengan cara yang baik atau positif atau bisa dikatakan bersikap baik. Manusia yang tidak memperlakukan manusia dengan baik maka disebut amoral. Indonesia memiliki karakter dan moral bangsa dengan budaya ketimuran yang selalu memperlakukan orang dengan baik tanpa memandang suku,ras, dan bangsa. Maka nilai moral bangsa bisa dijadikan sikap yang mencerminkan untuk memadukan cita-cita bangsa dan pilar bangsa dengan baik. Pilar bangsa dibagi menjadi 4 yaitu

1. Pancasila

Pancasila merupakan ideologi dan jati diri bangsa Indonesia. Pancasila menjadi sumber hukum yang ada di Indonesia. Hal ini merupakan karakter bangsa yang bisa menceminkan nilai moral Indonesia dengan baik. Pancasila merupakan falsafah yang untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia.

2. Bhineka Tunggal Ika

Bhineka Tunggal Ika bertujuan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Keberagaman disini dipandang dengan sebagai kekaayaan bukan perbedaan dan dapat menjadi salah satu aspek kemajuan bangsa Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x