Mohon tunggu...
Yunita Nur Amalia
Yunita Nur Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia

Semoga Bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Mahasiswa dalam Membantu Guru Mempersiapkan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru yang Dilaksanakan Secara Daring

30 Juli 2021   02:11 Diperbarui: 30 Juli 2021   02:27 27 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Mahasiswa dalam Membantu Guru Mempersiapkan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru yang Dilaksanakan Secara Daring
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dengan adanya wabah Covid-19 di Indonesia, proses pembelajaran mengalami perubahan yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara daring. Kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan pada tanggal 2 Juli 2021. Hal tersebut yang menyebabkan munculnya kebijakan-kebijakan baru, seperti diterapkanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilaksanakan per tanggal 2 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 yang kemudian diperpanjang sampai tanggal 2 Agustus 2021. Oleh karena itu, pemerintah tetap mengantisipasi mengenai pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk tahun ajaran baru 2021/2022. Dengan adanya kebijakan tersebut, teknologi sangat berperan penting dalam proses pembelajaran jarak jauh khususnya bagi guru yang mencari alternatif untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa.

Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN Tematik). Sehubungan masih dalam masa pandemi Covid-19, maka kegiatan KKN Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 akan dilaksanakan secara daring dengan tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM).

Yunita Nur Amalia mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sedang melaksanakan KKN Tematik di SDN Melong Mandiri 3 di Kota Cimahi dengan mengambil program Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan. Dengan diadakannya program KKN Tematik ini diharapkan dapat membantu guru, siswa dan orang tua dalam melaksanakan proses pembelajaran secara daring. 

Menurut kepala sekolah SDN Melong Mandiri 3, guru tidak hanya mengajar saja tetapi harus mengerjakan administrasi kelas yaitu mulai dari program semester, program tahunan, silabus, Bahan ajar, dan RPP. Dalam hal tersebut, peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membantu guru dalam menyelesaikan administrasi kelas dan untuk mempersiapkan tahun ajaran baru. Yunita Nur Amalia selaku mahasiswa KKN membantu guru yang masih kesulitan untuk menyelesaikan administrasi kelas, yaitu membuat program semester, program tahunan, silabus, Bahan ajar, dan RPP serta menyalin nilai rapot ke dalam buku induk. 

Memberikan pendampingan kepada guru bagaimana cara membuat Powerpoint interaktif agar anak tidak bosan saat melakukan pembelajaran dirumah. Powerpoint interaktif ini digunakan sebagai bahan ajar yang disampaikan melalui google meet atau zoom meting kepada siswa membuat sangat antusias dan semangat saat pembelajaran. Selain itu, memberikan penguatan pembelajaran daring dengan video yang di upload di youtube seperti kiat-kiat orang tua untuk memahami gaya belajar anak, kemudian link videonya di berikan melalui WhatsApp Grup orang tua siswa. elakukan pembuatan poster dan video pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19 yang di buat semenarik mungkin agar tertarik untuk melihat dan membacanya.

Dengan diadakannya KKN Tematik ini diharapkan guru dapat menyesuaikan dengan teknologi ditengah pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara daring, agar siswa lebih semangat dan tidak mudah bosan saat pembelajaran daring.

Penulis : Yunita Nur Amalia

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x