Anak merupakan amanah (titipan) Allah Swt, yang harus dijaga, dirawat, dan dipelihara dengan sebaik-baiknya oleh setiap orangtua. Sejak lahir anak diberikan berbagai potensi yang dapat dikembangkan sebagai penunjang kehidupan dimasa depan (Fadilla, dan Khorida, 2016:44). Masa usia dini (0-6 tahun) sering juga disebut masa keemasan (golden egg) di mana masa ini sangat penting bagi anak yang mulai sensitif untuk menerima berbagai  upaya perkembangan seluruh potensi dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, moral agama dan sosial emosional (Kementerian Pendidikan Nasional: 2010). Oleh karena itu pentingnya pendidikan sejak dini bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Mengasah kemampuan dasar anak dapat dilakukan di lingkungan rumah atau disekolah. Pendidikan dibangku sekolah sebisa mungkin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga kita dapat mampu mengetahui potensi yang dimiliki oleh anak.
Perkembangan bahasa dan literasi pada anak terjadi sejak lahir dan berkesinambungan.  Pada perkembangannya bahasa dan literasi  memiliki  lima  jenis pengetahuan dan keterampilan yang perlu dikuasai oleh anak. adapun ke lima pengetahuan itu yaitu bahasa oral/ verbal, print awareness (kepekaan terhadap gambar dan tulisan), pengetahuan tentan buku, pengetahuan tentang huruf, dan kepekaan terhadap bunyi (phonological  awareneness).Â
Kegiatan membaca memberikan kesempatan pada anak untuk melibatkan kemampuan untuk memahami arti dari gambar dan tulisan yang dilihatnya. Dalam mengembangkan kemampuan membaca anak akan melalui beberapa tahapan sebagai berikut :
- Pra-membaca -> anak mulai peka bahwa gambar memiliki pesan
- Initial reading  -> anak mulai mempelajari nama  dan bunyi huruf.  Anak menggunakan pengetahuan ini untuk mengenai  tulisan dengan bunyi yang sama.
- Membaca lancar -> anak mulai mengenal kata lebih cepat dan mulai senang membaca tulisan, pada saat  yang bersamaan anak belajar untuk memaami makna tulisan
- Kepekaan terhadap buku dan print  awareness  -> anak mulai  peka untuk membaca, membuka buku, dan alur membaca
- Pengetahuan huruf alphabet
- Pengetahuan bentuk huruf -> mampu untuk membedakan huruf berdasarkan bentuknya
- Pengetahuan tentang nama huruf -> mengetahui bahwa huruf  adalah simbol dan memiliki simbol huruf besar dan huruf kecil
- Pengetahuan menulis huruf -> dapat menulis huruf
- Kepekaan bunyi huruf, yang dimulai dengan tahapan berikut :
- Tahapan kata -> memisahkan kalimat menjadi kata
- Tahapan suku kata -> memisahkan kata menjadi suku kata
- Tahapan mengenal bunyi huruf yang sama -> mengenal kata yang memiliki bunyi yang sama
- Tahapan mengenal bunyi huruf -> menggabungkan bunyi  huruf untuk membuat kata
Kegiatan membaca anak tidak serta langsung bisa membaca namun ada tahapan yang anak harus lalui sebelum membaca dengan lancar yaitu pengenalan lambang huruf .
Pengenalan huruf pada anak dengan metode ceramah anak sulit dilakukan untuk anak usia dini, dengan menggunakan metode bermain, membuat anak lebih tertarik dalam mengenal lambang huruf. Metode bermain berkaitan erat dengan anak usia dini, karena hakekatnya anak usia dini belajar sambil bermain, sehingga dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf bisa melalui kegiatan bermain.
Kegiatan bermain yang digunakan untuk mengenal lambang huruf adalah dengan bermain tebak urutan huruf., dengan kegiatan ini anak lebih tertarik dan lebih semangat dalam mengenal lambang huruf. Kelebihan dari kegiatan ini dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi anak di dalam kelas.
Berikut langkah-langkah pembelajaran mengenal lambang huruf dengan kegiatan bermain urutan huruf:
- Guru menyiapakan kartu huruf
- Guru berhadapan dengan anak
- Guru menyebutkan huruf secara berurutan/diacak, contoh: a b c d e/ b a c d e secara berulang-ulang
- Guru menutup urutan huruf
- Anak menebak dan menyebutkan urutan huruf
Berdasarkan hasil penelitian, melalui penerapan kegiatan bermain urutan lambang huruf pada anak usia dini dapat meningkatkan keaktifan anak dan fokus anak dalam mengikuti pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA: