Mohon tunggu...
yunik budiarsini dewi
yunik budiarsini dewi Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Manfaat Menulis bagi Mahasiswa untuk Berkarya

24 Mei 2022   20:32 Diperbarui: 24 Mei 2022   20:44 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mendengar kata menulis apa yang pertama kali yang melintas dibenak kalian??

Banyak orang yang sebenarnya bisa menulis, namun ada Sebagian rang yang belum mengetahui apa saja manfaat yang didapat dari Menulis. Menulis merupakan hal yang sangat penting karena dengan menulis pula kita dapat mengutarakan gagasan ide kedalam sebuah tulisan , menulis merupakan sebuah proses menciptakan suatu catatan atau informasi, kejadian-kejadian yang ingin diingat kembali, bahkan cerita yang dialami ataupun kejadian yang dilakukan oleh orang lain. Kita diajarkan menulis sejak kita duduk dibangku taman kanak-kanak, dan semua orang pasti pernah diajarkan untuk menulis mengenal hurup dan angka sebelum pada akhirnya bisa menulis, nah menulis juga merupakan proses menuangkan ide kreativitas atau gagasan ke dalam bentuk bahasa tulisan yang biasanya disebut dengan karangan. Karena, penulis mengungkapkan isi pikiran, ide, pendapat atau keinginannya melalui tulisan tersebut.

Jika kita giat untuk terus belajar menulis seperti menulis karangan cerita atau informasi penting lainnya yang dapat memberikan motivasi dan manfaat terhadap orang lain maka hal ini dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak si penulis yang dapat memberikan gagasan ide kreativitas nya kedalam sebuat tulisan, dimana hal ini lah yang membuat banyak orang dapat termotivasi untuk membaca cerita nya tersebut. sedangkan dari si pembaca, keuntungan yang didapat yaitu ia bisa mendapatkan motivasi baru dan ide baru didalam hidupnya.

Gagasan, pikiran, pengalaman dan imajinasi yang dituangkan dalam sebuah tulisan menunjukkan bahwa menulis memiliki fungsi penyampaian. Karena, melalui tulisan itulah penulis menyampaikan informasi, pengetahuan dan pesan kepada pembacanya.

Dari kita memulai untuk menulis dimana hal ini juga tidak hanya untuk menuangkan ide atau gagasan agar dibaca oleh seseorang namun hal ini pula merupakan hal yang dapat mendukung kemajuan studi seperti saya saat ini dimana, membuat tulisan yang dapat memberikan motivasi dan memberika informasi terkait manfaat menulis bagi si pembaca, selain itu pastinya didalam kita belajar seperti saat ini dan tidak hanya di  perkuliahan namun bisa juga karena tuntutan pekerjaan dimana kita dituntut untuk dapat memberikan karya tulis, hal inilah yang dimaksud nantinya dijadikan sebagai pendukung dalam kemajuan studi pula maupun dalam berkarir. 

Adapun beberapa hal atau tujuan dari menulis ini yaitu sebagai informasi hal ini dapat memberikan manfaat bagi orang lain, baik itu berupa fakta peristiwa contohnya : membuat tulisan yang memberi informasi terkait penggunaan media sosial dengan baik atau memberikan informasi penting seperti saat ini terkait demngan informasi paksin yang diselenggarakan oleh pemerintah agar masyarakat luas tau dan melaksanakan aturan paksinnasi tersebut.

Jika karya kita bagus dan bermanfaat bagi orang lain maka penulis akan mendapatkan manfaat berupa honorium dan pekerjaan sambilan untuk mendapatkan penghasilan lebih berkat kemampuannya. Dengan mengupload tulisan ke sebuah media internet dan memiliki banyak peminat yang membaca dan mengikuti maka dari situ kita akan dibayar dan mendapat uang.

Penulis juga bisa tumbuh menjadi sosok yang terkenal melalui tulisan-tulisannya yang menarik minat pembacanya. Popularitas inilah termasuk manfaat lain menulis, selain manfaat material dan non material.

Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa menulis memberikan banyak manfaat untuk kita dan menulis juga merupakan hal yang dapat dianggap susah dan gampang jika kita memiliki niat dan banyak membaca maka hal itu dianggap mudah selain itu didukung pula dengan konsisten, tekun dan hobi untuk menulis. Jika menulis membuat susah atau dipandang susah hal ini karena kita yang tidak berminat untuk tujuan dan mengetahui apa manfaat yang didapat dari menulis tersebut

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun