Mohon tunggu...
Yuni Kartika Wulandari
Yuni Kartika Wulandari Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi

management student

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Membantu Peningkatan Gizi Bayi dan Balita serta Ibu Hamil dalam Posyandu di Dusun Kwang Pati Oleh KKM UIN Malang

25 Januari 2022   17:19 Diperbarui: 25 Januari 2022   17:26 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KKM atau kuliah kerja mahasiswa merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh para mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Mata kuliah ini mengharuskan kami untuk terjun ke masyarakat dan mengabdi di dalamnya. Kami memutuskan untuk melaksanakan KKM di sebuah desa yang berada di Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah, yaitu Desa Lendang Ara.  Desa Lendang Ara terdiri dari enam dusun, di antaranya dusun Lendang  Ara 1, Lendang  Ara 2, Lendang  Ara 3, Kwang Pati 1, Kwang Pati 2, dan Serumbung. Dusun Kwang Pati 2 menjadi salah satu target kami dalam melaksanakan program kerja kesehatan yaitu pemberian makanan tambahan (PMT) untuk peningkatkan gizi balita dan ibu hamil. 

Program kerja PMT kami laksanakan pada minggu kedua yang bertepatan dengan hari rabu tanggal 12 Januari 2022. Pelaksanaan program kerja ini menyesuaikan dengan jadwal posyandu yang ada di Desa lendang Ara. Kami memulai program kerja ini dengan mempersiapkan makanan tambahan berupa bubur, dimana nantinya akan dibagikan kepada para balita dan ibu hamil yang hadir dalam posyandu. Selain itu, kami juga membantu jalannya kegiatan posyandu seperti mengukur berat badan, tinggi badan, dan mendata banyaknya balita dan ibu hamil yang mengikuti posyandu.

Dalam kegiatan inilah kami mendapat banyak sekali pelajaran yang belum pernah kami dapati sebelumnya. Seperti belajar sabar dalam menghadapi tingkah laku anak yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Begitu pula dengan ibu ibu pkk yang sangat mengharapkan bantuan dari kami untuk memfasilitasi pelaksanaan posyandu, dikarenakan kurangnya dana yang disebabkan oleh perubahan peraturan pemerintah dalam menggunakan anggaran desa. Oleh karena itu, disini kami sangat bersyukur dapat membantu jalannya kegiatan posyandu serta mebantu meningkatkan gizi bayi dan balita di dusun Kwang Pati 2 yang terletak di Desa Lendang Ara. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan