Yunika Umar
Yunika Umar karyawan swasta

mengamati segala yang bisa diamati dan diambil hikmahnya,:)

Selanjutnya

Tutup

Regional Artikel Utama

7 Hal Mudah Melawan Rasa Malas di Kantor

8 April 2015   09:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:23 278 6 7
7 Hal Mudah Melawan Rasa Malas di Kantor
1428425333961053064

Bagi kita yang bekerja kantoran, ahemm.., terkadang duduk di depan komputer bisa berjam – jam tanpa sadar eh tahu – tahu udah jam makan siang. Siapa yang juga melakukan hal sama? Itu yang dulu saya lakukan hingga tanpa sadar berat naik dengan santainya karena kebanyakan duduk. Gak tanggung – tanggung, 10 kg naik dengan gampangnya tanpa permisi.

Lalu, saya panik dan kebiasaan duduk di depan komputer tetap saya lakukan. Iseng – iseng saya baca berbagai macam artikel. Ternyata, banyak yang bisa dilakukan sebagai jeda saat kita lagi bekerja di kantor.

Banyak orang yang merasa, kantor adalah rumah kedua. Lah, gimana gak rumah kedua kalo sepatu, pakaian, sabun, obat – obatan dan segala macam makanan ada di rak di dalam kantor. Saat perlu mengganti baju, di rak ada. Saat sepatu basah kena hujan, di kantor ada spare yang bisa dipakai. Begitu juga dengan sabun dan lain – lainnya.

Saya pun terpikir, sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan walau sebenarnya gak penting – penting amat. Yang membuatnya menjadi penting, adalah gerak. Gerakan kita melakukan hal tersebut sehingga kita gak selalunya hanya duduk di depan komputer dan baru bangkit hanya saat ingin ke wc, mengambil print out di printer, makan siang atau beribadah.

So, what are the things that I think we can do, starting from now on?

1.Mengambil air minum ke pantry dengan mencari jalan terjauh. Iya, jalan terjauh. You may seem strange for others, but remember, it is about the move and the steps.




[caption id="attachment_408543" align="aligncenter" width="300" caption="Bagaimana mencari jalan terjauh? - Sumber : sirarcade.com"][/caption]

2. Selain mengambil minum, ke dapur kita bisa membuat minuman semacam kopi. Not just an instant coffee. Why don’t you propose a dolce gusto machine in the office? Yes, dengan alat kopi ini, gak perlu keluar duit lebih banyak untuk minum kopi seperti di café – café yang menjamur di setiap sudut kota. It is just sitting in your pantry and ready to deliver a cafe quality coffee with lots of variants to be chosen.

3.Masih edisi urusan ke dapur, masih edisi mandiri gak bergantung sama OB kantor. Setiap selesai makan, kembalikan piring kotor ke dapur. Mau membantu mencuci juga gak apa – apa. Inget ya, it’s about the move.

4.Sehabis makan siang jam 12 – 13 dan baru pulang jam 17 – 18. It will surely make your breathing  smell terrible.  Coba deh selalu siapkan penyegar mulut yang bisa digunakan setiap selesai makan siang. Dengan begitu, nafasmu akan selalu segar dan gak bikin orang disekeliling menutup hidungnya saat berada didekatmu.

5. Kalau kamu biasa menggunakan angkutan umum atau motor saat pergi ke kantor, usahakan untuk selalu mencuci muka sesampainya di kantor. Demi jerawat yang tidak akan muncul. Demi kulit yang lebih bersih. Why not?

6.Menelepon orang terkasih di antara waktu kerja. Kamu bisa menelepon pasangan, orang tua, sahabat atau anak. Saat menelepon, lakukan di tempat yang agak menjauh dari meja kantor agar tidak mengganggu mereka dan juga gak bikin ngiri, hehehe…




[caption id="attachment_408544" align="aligncenter" width="300" caption="Menelpon orang tersayang? Sumber : rgbstock.com"]

1428425573634581841
1428425573634581841
[/caption]

7.Take some time and find a greenery area around you. Iya, mengistirahatkan mata dari depan komputer dan melihat tumbuhan berwarna hijau. Ini penting agar kamu gak gampang sakit kepala dan minus di mata gak cepet naik. Hoho hoo..




[caption id="attachment_408545" align="aligncenter" width="300" caption="Sumber : inhabitat.com"]

1428425844564665569
1428425844564665569
[/caption]

Trus, apalagi ya? So far, aku sih biasa melakukan hal tersebut di atas.  Pengennya nambahin dengan stretching atau yoga ala - ala gitu tapi gak semua kantor mempunyai space untuk melakukan hal ini.

Memang, setelah melakukan ketujuh hal di atas,  berat badan saya gak turun secepat berat tersebut naik tapi paling gak, saya sudah melawan rasa malas : malas untuk bergerak.

Apa kalian ada cara lain? Feel free to drop your comments here,:))