Mohon tunggu...
Ega Wati
Ega Wati Mohon Tunggu... Bermanfaat, berkualitas, selamat dunia dan akherat

Lulusan adibuana 2012

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Motivasi Belajar

16 April 2019   05:08 Diperbarui: 16 April 2019   11:05 0 1 1 Mohon Tunggu...
Motivasi Belajar
Belajar di luar kelas sebagai upaya membangkitkan kesenangan belajar

Baik dan tidaknya belajar dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain motivasi. Motivasi berasal dari bahasa latin movere yang berarti gerak atau dorongan untuk bergerak. Memberi motivasi berarti memberikan dorongan pada sesuatu yang dimotivasi supaya bergerak. Ada beberapa pendapat para ahli mengenai motivasi. A.W. Bernard memberikan pengertian motivasi sebagai fenomena yang dilibatkan dalam perangsangan tindakan ke arah tujuan-tujuan tertentu yang sebelumnya kecil atau tidak ada tindakan sama sekali ke arah tujuan-tujuan tertentu.

Motivasi merupakan usaha memperbesar atau mengadakan gerakan untuk mencapai tujuan (Prawiro, 2012:319). Motivasi adalah dorongan batin yang menyebabkan orang bertindak dengan cara-cara tertentu (Soehardjo, 2013:298).

Mc. Donald dalam Hamalik (2005:106) merumuskan bahwa ...' Motivation is a energy change within the person characterized by effective arousal and anticipatory goal reaction' yang diartikan bahwa motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai suatu tujuan.

Dimyati & Mujiono (1999:80) memandang bahwa motivasi sebagai "dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar".

Sedangkan menurut Sardiman (2001:73) motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka motivasi merupakan keinginan atau dorongan yang datangnya baik dari dalam individu maupun dari luar individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Motivasi belajar merupakan motivasi yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan keseluruhan penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dalam mencapai suatu tujuan (Winkels, 1987 dalam Iskandar, 2012: 180)

Motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena pada hakekatnya proses pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan untuk dapat membelajarkan peserta didik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Menurut Sardiman (2001:38) "Motivation is an essential condition of learning". Hasil belajar akan menjadi optimal kalau ada motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula kegiatan pembelajaran itu.

Oleh karena itu pentingnya motivasi bagi peserta didik adalah: (1) Menyadarkan kedudukan awal belajar, proses dan hasil akhir, (2) Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, (3) Mengarahkan kegiatan belajar, (4) Membesarkan semangat belajar, (5) Menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja yang berkesinambungan.

Bagi guru pentingnya motivasi adalah (1) Membangkitkan, meningkatkan, dan memelihara semangat peserta didik untuk belajar sampai berhasil, (2) Mengetahui dan memahami motivasi belajar siswa dikelas, (3) Memberikan peluang kepada guru untuk mengubah peserta didik menjadi yang lebih baik (Dimyati & Mujiono, 1999:85-86).

Secara garis besar, motivasi belajar memiliki dua sifat yaitu: Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yaitu motivasi yang  tercakup dalam situasi belajar yang bersumber dari kebutuhan dan tujuan-tujuan peserta didik sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x