Mohon tunggu...
Sri Wahyuni
Sri Wahyuni Mohon Tunggu... Blogger || Penulis Fiksi dan Non Fiksi

Seorang pekerja di perusahaan swasta namun tetap mempunyai waktu untuk menulis. Tulisannya banyak diposting di blog pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

4 Langkah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru bagi Pribadi Pendiam

6 Agustus 2019   09:11 Diperbarui: 6 Agustus 2019   09:31 1929 2 2 Mohon Tunggu...

Hallo kompasianer. Kita telah mengetahui bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial. Oleh karenanya pasti ada suatu masa dimana kita sebagai manusia akan membutuhkan manusia lainnya. Bukan begitu?

Nah, selain makhluk sosial sifat manusia lainnya adalah dinamis. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia dinamis merupakan keadaan penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan. Karena itulah manusia akan selalu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Baik karena urusan pekerjaan, pribadi ataupun sosial. Sehingga kita akan terus bertemu dengan orang - orang, kondisi maupun pekerjaan baru untuk terus berproses menjadi lebih baik.

Dalam interaksinya, ada beberapa type manusia. Ada yang supel (mudah bergaul) dan tidak sedikit yang pendiam. Manusia type pertama tentu tidak akan sulit jika dihadapkan pada lingkungan baru. Mereka akan dengan mudahnya menyesuaikan diri dan membaur dengan lingkungannya. Lalu bagaimana dengan mereka yang pendiam? Tentu akan menjadi hal yang sangat sulit sekali bukan?

Kali ini author akan sedikit mengajak kalian menemukan cara atau langkah bagi para pribadi pendiam seperti saya dalam menghadapi lingkungan baru. Langkah - langkah ini tentu sudah saya lakukan sendiri.

  • Menyiapkan Mental

Pada saat kita menemukan lingkungan baru, tentu kita akan sangat canggung sekali dalam bersikap. Itu yang biasa saya rasakan. Bekerja di tempat baru, belum mengenal teman kerja dan asing dengan lingkungannya. Untuk itulah kita perlu menyiapkan mental dalam menghadapinya. Namun jangan khawatir, karena kita selalu bisa mengamati banyak hal dalam diam.

  • Menghargai Setiap Perbedaan

Ketika kita dihadapkan pada hal - hal baru, tentu kita akan menemukan banyak sekali perbedaan. Sebuah keuntungan bagi pribadi pendiam adalah mereka tidak akan banyak berkomentar dengan semua perbedaan itu. Tapi perlu diingat teman, kita tidak hanya akan berdiam diri tanpa menghargai perbedaan - perbedaan itu. 

Akan lebih baik lagi jika kita mempelajari perbedaan itu dan berusaha menerimanya jika itu baik. Sehingga kita akan lebih mudah diterima di lingkungan yang baru tersebut.

  • Berani untuk Bertanya dan Meminta Bantuan

Langkah ini sedikit sulit untuk para pribadi pendiam. Tapi bukan berarti tidak bisa kita lakukan. Bayangkan saja kita berada di tempat baru. 

Bukan tidak mungkin kita akan menemukan kesulitan baik dalam pekerjaan maupun dalam berinteraksi. Hal ini akan menuntut kita menjadi lebih berani untuk bertanya dan meminta bantuan dalam menghadapi kesulitan tersebut.

  • Menjadi Diri Sendiri

Terakhir dan yang paling penting adalah kita harus menjadi diri kita sendiri. Tidak mudah terpengaruh. Tapi tetap harus menerima segala masukan yang bisa menjadikan kita lebih baik.

Bagaimana kompasianer? Apakah ada di antara kalian yang sama dengan saya? Saya juga pribadi yang pendiam. Tapi seperti yang saya jelaskan tadi, kita selalu bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x