Mohon tunggu...
yuniar rosyidah
yuniar rosyidah Mohon Tunggu... Pembelajar

Pembelajar karya tulis

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kesehatan Mental dan Batin

28 Mei 2021   10:21 Diperbarui: 28 Mei 2021   10:36 89 3 1 Mohon Tunggu...

Kesehatan fisik memang penting namun jangan abaikan juga kesehatan mental dan batin. Terlihat sepele memang namun ini juga akan memiliki pengaruh terhadap kehidupan anda. Banyak hal yang harus dipikirkan dan diselesaikan dalam misi kehidupan. Jangan anda berpikir bahwa orang yang ada di sekeliling anda benar-benar tulus dalam mendengarkan keluh kesah anda dalam kehidupan. Bisa jadi mereka hanya penasaran dengan kehidupan anda dan sekedar tidak mau ketinggalan berita saja. Cobalah berdamai dengan diri anda. Mulai dari hal kecil yang anda lakukan dan apresiasilah diri anda sendiri. Berhenti mengatakan bahwa anda payah karena itu hanya akan menekan batin anda dan semakin membuat anda stres. 

Jika anda penat dengan pekerjaan anda di meja kerja saat ini coba ingat berapa orang yang sudah di PHK karena pandemi dan harus tetap bertahan hidup, selain itu juga harus menanggung keluarga atau mungkin anak dan istrinya di rumah. Bersyukurlah atas apa yang masih dapat kamu lakukan hari ini. Jika kau ditertawakan oleh orang lain tidak masalah anggap saja kekonyolanmu di awal. Bukankah harusnya kamu senang bisa membuat orang l;ain tertawa meskipun kekonyolan yang anda lakukan secara tidak sengaja atau bahkan anda sedang serius saat itu. Ingat ya jangan dimasukkan hati. Dengan mudahnya anda tersinggung akan perlakuan orang lain berarti dapat saya katakan bahwa hati anda masih sempit karena belum bisa menampung atau bahkan membuang hal yang tak perlu dalam pikiran dan batin anda. Masih banyak hal penting yang lebih patut anda pikirkan seperti karya mungkin bagi penggemar akademik atau produk untuk seorang pebisnis. 

Hati sempit itu bisa saya gambarkan seperti rumah ukuran panjang x lebar 3x4 meter. Ilustrasinya seperti ini, anda membutuhkan kursi, meja untuk ruang tamu, kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan perabot lainya. Bagaimana caranya semua itu masuk dalam rumah ukuran 3x4 meter. Jika hati anda sempit itu hanya akan membuat anda pusing dan mudah emosi atau marah. Tariklah nafas tahan selama kurang lebih 5 detik jika itu mudah bagi anda maka tambahlah durasi tahan nafas anda menjadi 10, 15, 20 dan kelipatannya. kemudian hembuskan perlahan nafas anda. Katakan pada diri anda bahwa "Aku Bisa melewati ini semua, aku akan berkembang, ini ilmu baru tidak masalah jika aku salah dan tidak akan terulang, aku akan menjadi lebih baik ke depannya" Terus motivasi dirimu, jangan sampai disaat orang lain menjatuhkanmu dirimu sendiri turut menjatuhkanmu sendiri. Bangunlah dan yakinkan dirimu bahwa semuanya akan membaik seiring usaha yang kamu usahakan.

Ilustrasi di atas dapat terselesaikan jika anda memiliki pemikiran yang jernih. Melalui berbagai referensi dan opini, serta perkembangan modern maka anda akan memikirkan rumah mewah minimalis menjulang ke atas (bertingkat). Itu akan menjadi solusi untuk lahan sempit sehingga yang awalnya ruangan tersebut tidak cukup memenuhi kebutuhan anda akan lebih bagus bahkan dalam memenuhi kebutuhan anda. Simple bukan? namun tidak dapat dilakukan saat hati terasa sempit, batin terjepit, dan mental down. Maka perlu kamu bangun dan bangkitkan dirimu untuk membangun kepercayaan diri. 

JIka diri anda sudah yakin dan memiliki rasa percaya diri yang cukup maka, bangunlah kemampuan anda dan kembangkan softskill serta hardskill. Kesalahan yang pernah anda perbuat tidak perlu anda ingat cukup jangan diulang dan pelajari kembali supaya tidak melakukan kesalahan yang sama. Belajarlah membuka cakrawala kehidupan mulai dengan membaca buku-buku bahasan ringan dan kemudian naikkan level baca anda perlahan. Anda akan merasakan perbedaan pemikiran saat kau lepas dari buku bacaan dan dengan buku bacaan. Sedikit banyak itu akan berpengaruh pada diri anda. 

Anda juga perlu memerhatikan lingkungan tinggal. Usahakan anda memilih lingkungan yang memberikan kebebasan untuk diri anda dalam mengekspresikan diri dan mengembangkan diri. Terkadang akan menyebabkan kehilangan teman lama dan semakin menipis. Tidak masalah yang jelas anda tidak lupa akan Balas Budi. Memang tidak ada kewajiban balas budi namun budi pekerti luhur mengajarkan tentang Balas Budi untuk membalas kebaikan orang lain akan membuat anda merasa berharga dan memanusiakan manusia.  Tidak semua orang menerapkan konsep ini jadi tidak semua orang juga akan menerapkan konsep ini. 

Tersenyumlah, hari ini anda masih diberi kehidupan, mempelajari hal baru, mendapat berkah dan nikmat lain yang tidak dapat dihitung satu persatu. Perihal rasa yang tak terbalas dan hati yang tergores mereka adalah organ ciptaan Allah yang luar biasa. pulihkan saja pikiran anda hindarkan dari overthinking dan insecure maka organ anda akan baik-baik saja. Segala macam penyakit bisa timbul dari batin dan pikiran anda. Jadi tetap jaga kesehatan mental dan batin anda maka semua akan baik-baik saja. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x